Dibuang Barcelona, Ilaix Moriba Didekati RB Leipzig

republika | Olahraga | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 00:19
Dibuang Barcelona, Ilaix Moriba Didekati RB Leipzig

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Talenta muda Barcelona, Ilaix Moriba, dikaitkan dengan RB Leipzig sebelum bursa transfer ditutup. Pelatih Barca Ronald Koeman menyatakan kalau jebolan La Masia itu tidak akan melanjutkan kariernya di Camp Nou, usai menolak penawaran perpanjangan kontrak bersama La Blaugrana awal musim panas ini.

Padahal, Ilaix menjalani debut yang menjanjikan di Katalunya. Bahkan ia disebut memiliki masa depan cerah di Barcelona. Oleh karena itu tidak mengejutkan jika ada beberapa klub yang ingin mendapatkannya.

Dikutip dari Marca , Sabtu (21/8), RB Leipzig jadi klub pertama yang bergerak untuk menampung Ilaix. Bahkan, Leipzig dilaporkan telah bicara dengan departemen teknik Barcelona untuk menyatakan ketertarikan dengan penawaran informal. Negosiasi kedua klub pun kini sedang berlangsung. Los Cules berharap bisa mendapatkan dana segar sebesar 15 juta euro dari penjualan Ilaix.

Sementara itu, Koeman memberi nasihat kepada Ilaix, kalau uang bukan segalanya, apalagi bagi seorang pemain muda. Koeman mengaku bicara empat mata dengan Ilaix beberapa pekan lalu, sebagai seorang pribadi dan pelatih. Ia menyebut situasi Ilaix cukup mengkhawatirkan.

Ilaix menolak proposal perpanjang kontrak dari Barcelona. Pemain berusia 18 tahun itu menolaknya karena beberapa permintaan yang tidak dipenuhi oleh klub.

Presiden Barca Joan Laporta geram karena pemain mudanya tidak mau mengerti situasi sulit yang dihadapi klub. Ia menyatakan Ilaix tidak akan melanjutkan karier di Barcelona.

''Dia masih muda, dia punya peluang untuk main di tim utama. Dia masa depan klub. Tapi berada di situasi di mana dia tidak bisa main. Saya tahu apa yang klub ingin tawarkan ke pemain. Nasihat saya adalah uang bukan hal terpenting (di usianya),'' ujar Koeman menjelaskan.

Artikel Asli