5 Teknik Kendarai Motor MotoGP, Nomor 2 Paling Krusial

okezone | Olahraga | Published at 16/08/2021 19:58
5 Teknik Kendarai Motor MotoGP, Nomor 2 Paling Krusial

5 teknik kendarai motor MotoGP penting dipahami agar pertandingan pada olahraga ini bisa disaksikan jauh lebih menarik. Sederet teknik ini juga diketahui membuat para pembalap MotoGP, seperti Marc Marquez dan kawan-kawan, bisa beraksi ciamik di atas lintasan.

Bahkan, Marc Marquez sudah menyegel enam gelar juaara sekaligus di ajang MotoGP. Dia hampir mendekati rekor Valentino Rossi yang mengemas tujuh gelar di kelas premier.

Lalu, apa saja teknik mengendari motor MotoGP? Berikut lima teknik kendarai motor MotoGP, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

5. Posisi Motor

Di motor MotoGP, pengendara memiliki program kontrol traksi di ECU. Program ini mencegah roda belakang tergelincir. Tetapi, ketika harus berkendara cepat, pengendara membutuhkan motor untuk berada dalam kondisi menggelincir dalam posisi yang tepat.

5 Teknik Kendarai Motor MotoGP

(Valentino Rossi beraksi di MotoGP 2021)

Ada yang lebih suka sedikit menggelincir, tapi kuncinya adalah mengetahui cara menguasainya agar bisa membelokkan motor. Saat pengendara menyelipkan roda belakang, motor mengubah lintasannya dan berbelok dengan cara yang jauh lebih cepat, sehingga berada dalam posisi yang lebih baik untuk berakselerasi secepat mungkin setelah keluar dari tikungan.

4. Posisi Tubuh

Saat berakselerasi, mengerem, berbelok, atau berkendara dengan kecepatan tinggi, posisi tubuh sangat penting. Pengendara belajar bagaimana menyesuaikan motor mereka dan memanfaatkan gerakan serta tenaga yang dihasilkan oleh mereka untuk menyesuaikan posisi tubuh mereka.

5 Teknik Kendarai Motor MotoGP

(Valentino Rossi beraksi di MotoGP 2021)

Salah satu tantangan terbesar saat mengendarai motor MotoGP adalah mencapai ketahanan aerodinamis yang seminimal mungkin. Sangat penting untuk memberikan perhatian khusus pada posisi pengendara di atas motor.

Posisi kaki juga sangat penting untuk mengatur daya yang memungkinkan Anda untuk mencengkeram motor lebih baik saat melintas di tikungan. Dengan begitu, balapan bisa tetap berjalan aman.

Artikel Asli