Profil Atlet Paralimpiade Tokyo 2020: Komet Akbar Salah Satu Tumpuan Indonesia

okezone | Olahraga | Published at 16/08/2021 05:50
Profil Atlet Paralimpiade Tokyo 2020: Komet Akbar Salah Satu Tumpuan Indonesia

JAKARTA - Paralimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung dari 24 Agustus hingga 5 September mendatang di Jepang. Salah satu atlet Indonesia untuk mendulang emas di Paralimpiade Tokyo 2020 adalah Komet Akbar.

Meski kondisi tangan kanannya tak sempurna, Komet mampu menjelma menjadi atlet para tenis meja andalan Indonesia. Dia memastikan diri tampil di pesta olahraga terbesar di dunia untuk atlet disabilitas tersebut setelah menjadi yang terbaik di Kejuaraan Para Tenis Meja Asia 2019 di Taichung, Taiwan, untuk nomor perorangan putra kelas 10.

Paralimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Ketika itu, pada final, dia mengalahkan sang kompatriot David Jacobs. Selain nomor perorangan, dalam ajang tersebut Komet juga meraih emas di nomor beregu kelas 10 putra bersama David Jacobs dan Varly Jerico Tilaar.

Perjuangan Komet hingga akhirnya bisa tampil di Paralimpaide Tokyo tentu saja tidak mudah. NPC Indonesia dalam akun Instagram resminya bercerita perjalanan panjang telah dilalui pria asal Pomalaa, Sulawesi Tenggara tersebut.

Mengenal olahraga tenis meja ketika berusia delapan tahun, Komet kecil harus mau membersihkan meja dan menyiapkan teh untuk senior-seniornya agar bisa berlatih di daerahnya.

Meski memiliki keterbatasan pada tangan kanannya, semangat dan kemauan Komet begitu keras. Hingga akhirnya, Komet berhasil meraih sejumlah gelar mulai dari tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Dalam perjalanannya sebagai atlet para tenis meja, Komet juga telah merasakan kerasnya hidup. Turun naik dalam karier ia rasakan.

Ketika memutuskan hijrah ke Jakarta pada 2004, Komet memulai perjalanannya sebagai atlet tenis meja tanpa pelatih khusus. Hingga takdir membawanya bergabung dengan NPC Indonesia pada tahun 2010.

Dari sini Komet mulai menunjukkan kemampuannya. Ia pun mulai membawa Merah Putih di pentas dunia. Seperti di ASEAN Para Games 2011 di Surakarta.

Setelah itu, pundi-pundi medali Komet raih di berbagai ajang internasional. Penampilan perdana Komet di single event berskala internasional terjadi di Lignano Master Open 2012 di Italia.

Artikel Asli