Tekad Eko Yuli untuk Persembahkan Kado Terbaik bagi Indonesia

okezone | Olahraga | Published at 16/08/2021 16:46
Tekad Eko Yuli untuk Persembahkan Kado Terbaik bagi Indonesia

JAKARTA Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, punya tekad besar untuk mempersembahkan kado terbaik bagi Tanah Air tercinta. Dia ingin memberikan kado kemerdekaan Republik Indonesia dari cabang olahraga (cabor) angkat besi.

Eko Yuli Irawan kini masih digandrungi rasa penasaran akan medali emas di Olimpiade. Tekadnya untuk meraih medali itu di Olimpiade 2020 Tokyo memang belum bisa terpenuhi.

Eko Yuli Irawan

Meski begitu, prestasi yang sudah diukir lifter 32 tahun tersebut sejauh ini tetap patut diacungi jempol. Eko Yuli merupakan satu-satunya atlet di Indonesia yang empat kali tampil di Olimpiade dan selalu pulang membawa medali sejak partisipasi pertamanya di Beijing 2008.

Tak cuma itu, Eko Yuli menjadi lifter kedua di dunia yang merebut empat medali Olimpiade. Sebelum Eko Yuli, ada legenda angkat besi Yunani, Pyrros Dimas, yang mengukir sejarah sejak penampilannya di Olimpiade Barcelona 1992.

Bedanya, Dimas turun di kelas menegah dan mengoleksi tiga emas serta satu perunggu. Sementara Eko, dia turun di kelas paling ringan putra dengan raihan dua perak (Olimpiade 2020 Tokyo dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro) serta dua perunggu (Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 London).

Perlu juga dicatat, prestasi Eko Yuli ini melampaui prestasi lifter angkat besi putri asal Papua, Lisa Rumbewas. Putri mantan binaragawan nasional Levi Rumbewas ini telah meraih tiga medali pada penampilan di Olimpiade (perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade 2004 Athena, serta perunggu di Olimpiade 2008 Beijing).

Olimpiade adalah tujuan akhir seorang atlet, begitu juga saya. Sejak awal, saya berkeinginan mendapat medali emas, bukan untuk saya pribadi, tetapi juga untuk negara karena Olimpiade selalu bertepatan dengan hari kemerdekaan. Namun, rezeki saya masih perak. Ini persembahan yang bisa saya berikan untuk negara di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, ujar Eko Yuli, sebagaimana keterangan pers yang diterima Okezone, Senin (16/8/2021).

Artikel Asli