Lama Permainan Sepak Bola Versi IFAB

okezone | Olahraga | Published at 16/08/2021 17:55
Lama Permainan Sepak Bola Versi IFAB

LAMA permainan sepak bola versi International Football Association Board (IFAB) telah lama ditetapkan. Hal ini tentunya berguna untuk menetapkan standar permainan sepak bola yang sesuai di seluruh belahan dunia.

Sebagaimana diketahui, setiap cabang olahraga (cabor) memang memiliki aturan tersendiri, begitu juga dengan sepak bola. Dalam melakoni sebuah pertandingan, ada lama permainan sepakbola yang perlu diperhatikan.

Lama permainan sepak bola

(Laga Tottenham Hotspur vs Manchester City)

Sepak bola sendiri sudah menjadi olahraga yang paling digemari di dunia. Tak heran, aturannya harus tepat dan sesuai agar permainan bisa berjalan menarik. Lalu, berapa waktu pasti permainan sepak bola versi IFAB? Berikut penjelasannya.

Lamanya Waktu Permainan

Ya, IFAB telah menetapkan waktu permainan dalam sepak bola. Mengutip dari laman resmi IFAB, lama permainan sepak bola adalah 90 menit.

Jumlah total waktu ini dibagi menjadi dua babak. Dengan begitu, masing-masing babak memiliki durasi permainan selama 45 menit. Meski telah ditetapkan secara resmi, durasi pertandingan ini dapat dikurangi.

Lama permainan sepak bola

(Laga Real Madrid)

Pengurangan waktu pertandingan sendiri hanya bisa terjadi jika sudah ada kesepakatan antara wasit dan kedua tim sebelum pertandingan dimulai. Hal ini pun harus sesuai aturan kompetisi yang dimainkan.

Dalam sejumlah pertandingan, laga akan dilanjutkan ke babak bernama extra time, jika belum ada pemenang dalam 90 menit waktu normal. Waktu perpanjangan itu berdurasi 2 x 15 menit.

Jika kedudukan masih saja imbang, laga akan dilanjutkan ke babak adu penalti. Masing-masing tim pun akan menyiapkan lima penendang pertama lebih dulu. Andai kedudukan masih sama kuat, babak adu penalti dilanjutkan ke penendang berikutnya. Tim yang mencetak gol lebih banyak akan ditetapkan sebagai pemenang di babak ini.

Artikel Asli