7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Salah Satunya Cegah Katarak

skor.id | Olahraga | Published at 16/08/2021 15:00
7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Salah Satunya Cegah Katarak

 

  • Pro dan kontra mengenai telur ayam kampung terus beredar di masyarakat.
  • Data Komposisi Pangan Indonesia menyebut 100 gram telur ayam kampung yang dimasak punya banyak kandungan nutrisi.
  • Berikut manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan.

SKOR.id - Pro dan kontra mengenai telur ayam kampung masih beredar di masyarakat, salah satunya adalah cara mengonsumsinya.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa telur ayam kampung lebih baik dimakan dalam kondisi mentah. Namun, banyak juga yang sebaliknya.

Yang pasti, terlepas dari berbagai perdebatan yang mengiringi, telur ayam kampung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Seperti dikutip dari Hello Sehat , Data Komposisi Pangan Indonesia menyebut 100 gram telur ayam kampung yang dimasak punya kandungan berikut ini:

Dan, tak hanya sebagai sumber protein berkualitas, telur ayam kampung terbukti mengandungvitamin B1, omega-3, dan antioksidan.

Dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut manfaat kesehatan dari telur ayam kampung:

1. Turunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi telur ayam kampung bisa meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau jenis kolesterol baik hingga 10 persen.

Tingkat HDL yang lebih tinggi dalam tubuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Telur ayam kampung juga mengandung kolin yang berfungsi dalam proses pemecahan amino acid homocysteine , zat yang bisa menimbulkan gangguan pada jantung.

2. Mencegah katarak

Manfaat telur ayam kampung yang satu ini berasal dari kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, yang biasa terdapat pada kuning telur.

Vitamin A dikenal baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan, sedangkan lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang aktif bekerja pada retina.

Jika tubuh kekurangan lutein dan zeaxanthin, dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, danmempercepat penuaan mata.

3. Kurangi kadar kolesterol jahat

Sama dengan telur biasa, telur ayam kampung mengandung kolesterol tinggi.Namun, tak lantas meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain karena tubuh mampu menyeimbangkan jumlah kolesterol dari makanan,telur ayam kampung mengandung asam lemak omega-3.

Omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida atau komponen kolesterol jahat yang berisiko menyebabkan penyakit jantung.

4. Mengoptimalkan fungsi otak

Selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, kolin pada telur ayam kampung juga dapat membantu Skore menjaga kesehatan otak.

Kolin bertugas mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak.

Dalam satu butir telur ayam kampung, terkandung kurang lebih 100 gram kolin.

5. Mendukung perkembangan sel

Telur merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi dan itu penting dalam pembentukan sel tubuh hingga bermanfaat untuk kerja setiap organ.

Pada protein terdapat asam amino esensial untuk mengoptimalkan perkembangan struktur sel sekaligus agar sel bisa menjalankan fungsi dengan baik.

Jumlah asam amino dalam telur ayam kampung juga sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Alhasil, tubuh bisa langsung mendapatkan manfaat dari protein.

6. Membangun masa otot

Sebagai sumber protein, telur ayam kampung bermanfaat untuk untuk meningkatkan masa otot sekaligusmemperkuat kinerjanya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, protein mengandung asam amino. Setelah masuk ke tubuh, kandungan protein pada telur ayam akan dipecah jadi asam amino.

Otot kemudian akan menyerap kandungan asam amino ini untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan selama beraktivitas.

Jika tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, otot bisa rusak secara perlahan hingga berujung pada rasanyeri.

7. Membantu turunkan berat badan

Protein merupakan makronutrien yang bisa memberi efek kenyang lebih lama setelah dikonsumsi hingga bisamemengaruhi jumlah kalori yang masuk.

Menyantap makanan yang mengenyangkan dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan lain yang mengandung kalori lebih tinggi.

Artinya, dengan mengonsumsi telur saat menjalani diet,dapat membantu mengurangi konsumsi makanan lain dalam jumlah yang lebih besar.

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, perlu diperhatikan jumlah dan frekuensi konsumsi telur ayam kampung supaya tidak berlebihan.

Dan, mengingat telur mengandung kolesterol tinggi, saat dikonsumsi dalam jumlah besar, bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.

Follow dan subscribe akun media sosial Skor.id diInstagram,Facebook,Twitter,YouTube,LinkedIn,TikTok, danHelo.

 

 

Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebihan karena Bad Mood

6 Latihan Meningkatkan Stamina untuk Bermain Sepak Bola

&

Artikel Asli