Guardiola Terkesan dengan Debut Grealish, Tapi…

republika | Olahraga | Published at 16/08/2021 14:45
Guardiola Terkesan dengan Debut Grealish, Tapi…

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penampilan gelandang serang anyar Manchester City, Jack Grealish, menjadi salah satu sorotan usai The Citizen dibungkam Tottenham Hotspur, 0-1, pada pekan perdana Liga Primer Inggris, Senin (16/8) dini hari WIB.

Gelandang serang asal Inggris itu dinilai belum bisa memberikan kontribusi signifikan buat performa The Citizen. Padahal, gelandang serang berusia 25 tahun itu didatangkan dengan nilai transfer selangit.

Tidak tanggung-tanggung, Grealish diboyong The Citizen dari Aston Villa dengan nilai transfer mencapai 100 juta poundsterling. Nilai transfer ini sekaligus menempatkan Grealish sebagai pemain Inggris termahal di sepanjang sejarah.

Namun, Grealish belum bisa menjawab ekpektasi terkait tingginya nilai transfernya tersebut. Di dua laga awalnya sebagai penggawa The Citizen, gelandang serang timnas Inggris itu tampil kurang meyakinkan, termasuk saat merumput sebagai starter di laga kontra Spurs.

Di laga debutnya sebagai penggawa City di pentas Liga Primer Inggris itu, Grealish lebih banyak beroperasi di sisi kiri penyerangan The Citizen.

Grealish tercatat hanya melepaskan 43 operan atau di peringkat keenam di antara para penggawa City di partai tersebut.

Tidak hanya itu, akurasi operan Grealish sekitar 89 persen. Akurasi operan Grealish ini berada di peringkat kelima di antara para penggawa The Citizen.

Kendati begitu, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengaku masih puas dengan performa Grealish dalam lawatan ke kandang The Lillywhites tersebut.

Pelatih asal Spanyol itu menyebut, Grealish masih mampu memberikan ancaman ke lini belakang Spurs.

''Dia tampil luar biasa. Dia bermain dengan karakter yang kuat dan terus berusaha menciptakan peluang. Dalam aspek penguasaan bola, dia jarang kehilangan bola. Dia sangat berbahaya saat berada di dekat kotak penalti lawan,'' kata Guardiola seperti dikutip BBC, Senin (16/8).

Tidak berhenti sampai disitu, eks pelatih Bayern Muenchen itu juga tetap yakin, mantan kapten Aston Villa itu bisa menjadi salah satu pemain penting dalam perjalanan The Citizen pada musim ini.

''Dia akan menjadi pemain yang sangat penting buat kami. Sayangnya, kami tidak bisa meraih kemenangan di laga debutnya. Namun, dia bermain cukup apik dan bisa mempengaruhi jalannya permainan, terutama pada awal laga,'' tutur Guardiola.

Artikel Asli