Bertekad Kembalikan Kejayaan Sepak Takraw NTB

lombokpost | Olahraga | Published at 16/08/2021 14:01
Bertekad Kembalikan Kejayaan Sepak Takraw NTB

MATARAM-Sambirang Ahmadi resmi menjadi Ketua Pengprov PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) periode 2021-2025. Dia bersama pengurus PSTI yang baru dilantik, Sabtu (14/8).

Pengukuhan dan pelantikan pengurus Pengprov PSTI NTB dipimpin Ketua KONI NTB H Andy Hadianto. Ini pertama kalinya saya terjun di olahraga sepak takraw. Tapi saya di kabupaten pernah menjadi Ketua Percasi Sumbawa.Semoga saya bisa mewujudkan NTB gemilang melalui prestasi takraw di NTB, ujar Sambirang.

Dia ingin membangkitkan kembali prestasi sepak takraw NTB di kancah nasional maupun internasional. Terlebih membawa tim sepak takraw NTB untuk berlaga di PON Aceh-Sumatera Utara (Sumut), 2025 mendatang. Target saya sepak takraw NTB bisa berlaga di PON berikutnya. PON Papua kita memang tidak lolos, katanya.

Ketua Komisi III DPRD NTB ini menjelaskan, Pengprov PSTI NT ingin membangkitkan kembali talenta, bakat dan skill anak-anak muda NTB. Karena itu, pihaknya akan mengadakan event. Kita akan menjaring talenta melalui event antar pelajar se-NTB, jelas dia.

Untuk mempersiapkan event bagi pelajar ini, dia sudah melakukan pendataan calon peserta. Di NTB terdapat 270 lebih SMA/SMK nasional. Belum termasuk dengan SMA swasta yang ada di NTB. Jika semua sekolah berpartisipasi maka ini akan jadi event besar. Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait rencana event ini, ujar katanya.

Sambirang menambahkan, jika situasi pandemi covid-19 sudah mereda dan diizinkan menggelar event, maka event kejuaraan pelajar ini akan dimulai Oktober hingga September. Kejuaraan ini rencananya digelar di dua tempat, Lombok dan Sumbawa. Selanjutnya para juara akan bertemu untuk menentukan juara provinsi NTB.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, saat ini cabang olahraga memang sudah semestinya dipimpin tokoh-tokoh muda. Sekarang banyak muncul tokoh muda yang peduli dan mau mengurus olahraga. Termasuk PSTI ini. Saya yakin pak Sambirang mampu mengangkat prestasi sepak takraw NTB, katanya

Rencana PSTI NTB yang akan melakukan pembinaan dari tingkat pelajar sangat bagus. Ini memang jenjang untuk menciptakan atlet berprestasi. Apalagi sepak takraw sudah dua kali ikut PON, yakni PON Riau/2012 dan PON Jabar/2016. Hanya di Papua ini kita tidak bisa ikut. Semoga pada PON Aceh-Sumut bisa lolos dan berprestasi, harapnya.

Selain menciptakan atlet berprestasi, Andy berharap PSTI NTB juga bisa mengorbitkan pelatih berbakat. Karena kehadiran pelatih sangat penting untuk membina atlet-atlet muda. (puj/r8)

Artikel Asli