7 Trik Dasar BMX bagi Pemula

Olahraga | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:36
7 Trik Dasar BMX bagi Pemula

7 trik dasar BMX penting dipahami sebelum melakoni olahraga ini lebih dalam lagi. Sebab, dengan memahami teknik dasar, permainan sepeda BMX bisa menjadi lebih seru dan mengasyikkan.

Sepeda BMX sendiri agak berbeda dengan sepeda pada umumnya. Sepeda BMX adalah sepeda yang digunakan untuk perlombaan kecepatan dan akrobatik. BMX sendiri merupakan singkatan dari bicycle motocross.

Pada awalnya, sepeda BMX ditujukan untuk balapan. Namun sekarang, istilah sepeda BMX juga berlaku untuk yang digunakan di taman, jalan, gaya bebas, dan cabang lain dari BMX.

Untuk bisa mengendari sepeda jenis ini dengan lebih baik, penting memahami trik BMX. Setidaknya ada tujuh trik dasar. Apa saja? Berikut 7 trik dasar BMX bagi pemula.

7. Wheelie

Salah satu trik yang penting untuk dipahami adalah wheelie. Trik ini paling dasar dalam mengendarai BMX freestyle. Dari wheelie, pengendara sepeda BMX bisa mengangkat stang sepeda dengan tetap berjalan pada satu roda.

7 trik dasar BMX

(Perlombaan BMX di Olimpiade Tokyo 2020)

Untuk bisa melakukannya, seorang pengendara perlu meletakkan kedua kakinya ke pijakan belakang (back peg). Setelah itu, dia bisa mulai mengangkat stang di sepeda sehingga bisa tetap bergerak dengan hanya menggunakan roda bagian belakang.

6. Manual

7 trik dasar BMX

(Para pesepeda BMX sedang beraksi)

Berikutnya, ada trik maual. Trik ini dilakukan dengan mengangkat sedikit ban depan dan tetap menggerakkannya menggunakan pedal. Dibutuhkan keseimbangan yang baik untuk melakukan trik ini.

5. Nose Manual

Selanjutnya, ada nama trik nose manual. Bedanya trik ini dengan sebelumnya adalah nose manual mengangkat ban belakang sepeda, bukan bagian depan.

Artikel Asli