4 Transfer Pemain yang Paling Bersejarah di Dunia Sepak Bola

Olahraga | indosport.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:36
4 Transfer Pemain yang Paling Bersejarah di Dunia Sepak Bola

INDOSPORT.COM - Kepindahan pemain-pemain ini menggemparkan dunia sepak bola internasional, lantaran kepindahannya mencatatkan sejarah seperti Lionel Messi.

Bursa transfer dimanfaatkan oleh klub-klub sepak bola untuk memperbaiki skuadnya demi bersaing memperebutkan gelar juara di setiap musimnya.

Biaya besar yang dikeluarkan biasanya tak menjamin pemain mampu memberikan dampak luar biasa kepada klub barunya.

Di samping itu, pembelian gratis juga terkadang mampu memberikan dampak yang bagus bagi tim barunya.

Salah satunya yang tengah hangat adalah kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG). Les Parisiens diboyong dari Barcelona dengan free transfer alias tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Hal tersebut karena kontra Messi di Barcelona telah habis pada bulan Juni lalu, dan gagal bersepakat pada kontrak baru yang disodorkan karena terganjal aturan salary cap dari La Liga.

Di PSG, Messi akan dikontrak selama dua musim atau hingga 2023 dengan opsi perpanjangan satu musim. Dikutip Yahoosports, Messi mendapat kontrak senilai 35 juta euro setelah dipotong pajak atau setara Rp 591 miliar per tahun.

Jika dibagi per bulannya, Messi akan mendapat sekitar 2,91 juta euro (Rp 49 miliar), lalu per pekannya sekitar 729 ribu euro (Rp 12,3 miliar).

Kepindahan Messi ini tentu menggemparkan jaga sepak bola dan masuk sebagai salah satu transfer kepindahan pemain paling bersejarah.

Pasalnya, ini pertama kalinya Messi pindah klub setelah hampir 21 tahun bermain untuk Barcelona. Siapa yang menyangka jika penyerang asal Argentina ini akhirnya meinggalkan Camp Nou.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung dengan tim muda Barcelona sejak usia 13 tahun. Kini ia menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dan pembuat penampilan dengan 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi.

Bukan hanya Lionel Messi yang kepindahannya tercatat dalam sejarah sepak bola, ada beberapa pemain lain yang juga menorehkan hal sama. SIapa saja mereka?

Artikel Asli