Keren! Ada Peran Pelatih Indonesia di Balik Kesuksesan Bulu Tangkis Taiwan

Olahraga | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:27
Keren! Ada Peran Pelatih Indonesia di Balik Kesuksesan Bulu Tangkis Taiwan

TAIWAN Pasangan ganda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin sukses meraih medali emas pada cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020. Ternyata, di balik kegemilangan tersebut, ada peran pelatih asal Indonesia, yakni Victo Wibowo.

Taiwan untuk pertama kalinya dalam sejarah bulu tangkis berhasil merengkuh medali emas melalui pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi-lin. Tak hanya itu saja Taiwan juga sukses menyegel medali perak di sektor tunggal putri melalui Tai Tzu Ying.

Foto/Reuters

Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada campur tangan pelatih Indonesia di balik kesuksesan Taiwan di edisi Olimpiade tahun ini. Dia adalah Victo Wibowo yang merupakan pelatih jebolan PB Djarum yang aktif menjadi pemain dari tahun 1993 hingga 1998.

Victo memutuskan untuk hijrah ke Taiwan untuk berkarier sebagai pemain bulu tangkis. Seiring berjalannya waktu, Victo dipercaya untuk mengembangkan bulu tangkis di Keelung High School.

Kira-kira 2002, saya mulai ke Keelung High School. Kebetulan mereka waktu itu sebetulnya ada ekstrakulikuler badminton. Tapi saya merasa sarananya, ada lapangan bulu tangkis. Tapi yang lainnya masih kurang, tutur Victo seperti dikutip dari saluran Youtube PB Djarum.

Berbeda dengan sistem kepelatihan di Indonesia, Victo mencari sendiri atlet berbakat sendiri. Lalu, Victo perlahan mulai beranjak dengan mengamati pemain-pemain berbakat dan mendekati dengan para orang tua murid.

Mulanya saya mulai delapan pemain. Karena waktu itu sekolah saya masih belum ada nama, masih belum ada yang mau datang. Tapi karena mungkin saya lebih berusaha mendekati orang tuanya. Kalau saya lihat pemain yang ada bakat, saya catat satu persatu. Namanya siapa, dari umur 13 tahun, setiap pertandingan saya datangi, tambahnya.

Artikel Asli