Chelsea Tiga Kali Sial di Piala Super Eropa, Villarreal Tampil Perdana

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:03
Chelsea Tiga Kali Sial di Piala Super Eropa, Villarreal Tampil Perdana

BELFAST - Chelsea tinggal selangkah lagi untuk mengakhiri penantian selama 23 tahun merebut trofi Piala Super Eropa. Ini menjadi kesempatan emas buat Thomas Tuchel untuk mengawinkan gelar Liga Champions saat mereka meladeni Villarreal di National Football Stadium, Kamis (13/8) dini hari WIB.

Sejarah Chelsea di Piala Super Eropa tidak terlalu bagus. Dalam empat kesempatan hanya sekali The Blues berhasil menggondol juara. Itu terjadi di Monaco pada 1998.

Artinya, ini bukan urusan yang mudah buat Chelsea mengakhiri kutukan. Apalagi fakta menyebut jika klub Liga Primer Inggris belum pernah tercatat mengalahkan lawan non-Inggris di Piala Super Eropa sejak Liverpool pada 2005.

Lantas, seberapa besar rintangan yang harus dihadapi Chelsea?

Berikut Fakta Menarik Chelsea vs Villarrreal

1. Tiga pertandingan Piala Super Eropa terakhir, dan enam dari delapan pertandingan terakhir, harus melalui perpanjangan waktu.

2. Mateo Kovacic berada di tim Real Madrid yang mengalahkan Sevilla 3-2 setelah perpanjangan waktu di Piala Super Eropa pada 2016, dan berada di bangku cadangan saat Manchester United dikalahkan 2-1 setahun kemudian. Ia juga menjadi starter saat Chelsea kalah dari Liverpool pada 2019.

3. Ini adalah penampilan pertama Villarreal di Piala Super Eropa; mereka adalah tim ke-38 yang tampil dalam pertandingan tersebut dan pendatang baru pertama sejak Atletico Madrid dan Inter Milan pada 2010.

4. Villarreal adalah klub ketujuh LaLiga yang bermain di Piala Super Eropa, setelah Barcelona (sembilan penampilan), Real Madrid (tujuh), Sevilla (enam), Atltico (tiga), Valencia (dua), dan Real Zaragoza (satu).

5. Villarreal mengincar untuk menjadi klub ke-25 dan keenam dari Spanyol yang memenangkan Piala Super Eropa.

6. Ini merupakan penampilan ke-29 untuk tim asal Spanyol di Piala Super Eropa. Total, klub di Tanah Matador telah memenangkan 15 Piala Super Eropa (Barcelona 5, Real Madrid 4, Atltico 3, Valencia 2, Sevilla 1).

7. Unai Emery punya rapor merah saat mendampingi anak asuhnya di Piala Super Eropa. Sevilla adalah tim yang pernah dibela Emery, namun dalam dua kesempatan selalu gagal membawa pulang trofi juara usai dikalahkan Real Madrid (2014) dan Barcelona (2015).

Artikel Asli