Jalan Panjang dan Berliku Menuju Piala Super Eropa 2021

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:50
Jalan Panjang dan Berliku Menuju Piala Super Eropa 2021

BELFAST - Perjalanan menuju pertandingan Piala Eropa 2021 yang pertemukan Chelsea dan Villarreal di National Football Stadium, cukup panjang dan berliku. Terutama mengenai pembangunan stadion kelas dunia berkapasitas 18.500 penonton.

Ini dimulai ketika FA Irlandia, mitra pemerintah, Linfield FC dan Liga Sepak Bola Irlandia Utara setuju untuk membangun kembali stadion pada 2011. Biaya yang dikeluarkan saat itu sebesar 38 juta euro atau sekira Rp640 miliar.

Sejak pembangunan stadion selesai dilakukan, FA Irlandia berhasil menggelar beberapa event besar. Salah satunya menyelenggarakan kejuaraan Eropa U-19 wanita, sejumlah pertandingan internasional dan final piala, serta pertarungan tinju Carl Frampton.

Kejuaraan Eropa U-19 Pria seharusnya diselenggarakan tahun lalu tetapi dibatalkan karena pandemi Covid-19. Dengan pembatalan itu membuka jalan bagi Peter Gilpin (yang dipercaya dalam proyek tersebut) untuk mengambil peran menyelenggarakan Piala Super Eropa 2021, yang akan menjadi pertandingan klub paling bergengsi yang pernah diselenggarakan di Irlandia Utara.

Gilpin sebelumnya ditugaskan untuk menyelenggarakan turnamen U19 Putra atas nama asosiasi tetapi mengalihkan fokusnya ke Piala Super Eropa pada bulan Oktober ketika kejuaraan secara resmi ditangguhkan. Namun, asosiasi tersebut akan menjadi tuan rumah turnamen U19 pada 2024 sebagai gantinya.

Gilpin mengatakan keberhasilan Irlandia Utara menggelar beberapa event besar tak lepas dari peran mendiang Craig Stanfield. Dikatakannya, dia adalah salah satu yang mengajukan tawaran pada asosiasi untuk menjadi tuan rumah pertemuan pemenang Liga Champions dan Liga Europa. Tawaran FA Irlandia diajukan pada awal 2019 dan Komite Eksekutif UEFA mengumumkan pada September tahun itu bahwa FA Irlandia telah mendapatkan hak menjadi tuan rumah.

Gilpin mengatakan Craig sangat teliti dengan persiapannya dan telah mengembangkan hubungan dengan orang-orang penting di dalam dan di luar UEFA sebelum tutup usia pada awal tahun lalu.

"Ini adalah salah satu upaya tim besar dalam hubungannya dengan UEFA. Saya tidak bisa melakukan peran ini tanpa dukungan dari rumah. Istri saya hebat, begitu juga orang tua dan mertua saya," ungkap Gilpin dikutip IrishFA, Rabu (10/8/2021).

"Banyak kerja keras telah dilakukan untuk proyek ini dan kami harus berurusan dengan banyak hal yang tidak diketahui, seperti jumlah penggemar yang diizinkan masuk. Kami telah bekerja sama dengan Eksekutif Irlandia Utara untuk memungkinkan orang-orang mencapainya. Permainan dan itu bagus bahwa kami dapat menyambut 13.000 penggemar untuk menonton Chelsea dan Villarreal beraksi. Prioritasnya sekarang adalah membawa semua orang ke tanah dengan selamat dan pulang dengan selamat," katanya.

"Perasaan yang sangat istimewa untuk dapat memainkan pertandingan besar seperti itu dan saya tidak ragu itu akan menjadi kesempatan yang tak terlupakan," pungkas Gilpin.

Artikel Asli