Monaco, PSV, dan Benfica Lolos ke "Playoff" Liga Champions

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:03
Monaco, PSV, dan Benfica Lolos ke "Playoff" Liga Champions

MONACO - Monaco melaju ke babak playoff Liga Champions setelah menang agregat 5-1 atas Sparta Prague pada Selasa ketika mantan juara PSV Eindhoven dan Benfica juga melaju untuk saling berhadapan guna memperebutkan satu tempat fase grup.

Red Star Belgrade tersingkir setelah kalah 0-1 melawan tim Moldova Sheriff Tiraspol sehingga juara Eropa 1991 itu kalah 1-2 dalam dua leg, sedangkan Malmo dari Liga Swedia menyingkirkan Rangers dengan agregat 4-2.

Gelson Martins membawa Monaco unggul Rabu dini hari tadi lewat finis indah dari sudut sempit pada menit ke-50 dan Aleksandr Golovin mengubah skor menjadi 2-0 dengan tendangan kencang ke pojok bawah gawang.

David Moberg-Karlsson membalaskan satu gol bagi Sparta sebelum pemain pengganti Sofiane Diop memastikan Monaco maju ke babak grup dan membukukan pertandingan melawan Shakhtar Donetsk.

Shakhtar mengalahkan Genk dalam agregat 4-2 berkat gol Lassina Traore dan Marcos Antonio yang membuat mereka menang 2-1 atas tim Belgia itu, yang hanya berhasil mencetak satu gol pelipur lara dari Cyriel Dessers setelah tertinggal dua gol.

Laga PSV melawan Benfica yang memenangkan kompetisi klub utama benua itu pada 1961 dan 1962, akan menjadi ulangan final Liga Champions 1988 ketika tim Belanda itu mengangkat gelar perdananya lewat adu penalti.

Kedua tim lolos setelah melewati lawan-lawan mereka di mana Bruma memastikan kemenangan agregat 4-0 PSV atas tim Denmark Midtjylland, sementara gol Joao Mario dan gol bunuh diri Roman Yaremchuk membawa Benfica menang 2-0 atas Spartak Moscow untuk menyempurnakan kemenangan 4-0 mereka.

Red Star digagalkan oleh sundulan Danilo Arboleda menjelang turun minum sementara Ferencvaros dari Liga Hungaria maju meski kalah 0-1 melawan Slavia Prague karena menang 2-0 dalam leg pertama mereka melawan tim Ceko itu.

Ferencvaros akan bertemu Young Boys pada babak playoff setelah tim Swiss itu mengalahkan tim Rumania Cluj 3-1 dalam leg kedua untuk memastikan kemenangan agregat 4-2 berkat dua gol Jordan Siebatcheu.

Tertinggal 1-2 dalam leg pertama di kandang Malmo dan ketika aturan gol tandang tidak lagi berpengaruh, Rangers menyamakan kedudukan setelah Alfredo Morelos mencetak gol pada menit ke-19 namun Antonio Colak yang malah menyelamatkan Malmo dengan dua gol klinisnya.

Hadiah Malmo adalah laga melawan tim Bulgaria Ludogorets Razgrad yang mengalahkan Olympiakos Piraeus dalam adu penalti setelah seri 3-3 dalam agregat.

Mathieu Valbuena dan Ahmed Hassan gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Olympiakos dalam adu penalti itu. Sebaliknya Ludogorets menjaringkan empat tendangan penalti.

Juara Liga Kroasia Dinamo Zagreb mengalahkan Legia Warsawa dengan agregat 2-1 setelah gol pada menit ke-20 yang dicetak bek kiri Bartol Franjic membawa mereka menang 1-0 untuk merancang pertemuan dengan Sheriff guna memperebutkan satu tempat pada fase grup. RB Salzburg akan berhadapan dengan Danes Brondby pada babak playoff lainnya.

Artikel Asli