Ini Cabang Olahraga Andalan Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Olahraga | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:11
Ini Cabang Olahraga Andalan Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

PERJUANGAN atlet Indonesia akan berlanjut dalam Paralimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan bergulir dari 24 Agustus sampai dengan 5 September 2021.

Indonesia memiliki 23 atlet dari tujuh cabang olahraga Paralimpiade Tokyo. Dari jumlah tersebut, para bulu tangkis dan para atletik menjadi cabang yang paling banyak mengirimkan perwakilan, masing-masing tujuh atlet.

Foto/Reuters

Kemudian para tenis meja tiga atlet, para menembak dan para renang masing-masing dua atlet. Selain itu, ada pula wakil dari para balap sepeda dan para powerlifting yang masing-masing mengirimkan satu atlet.

NPC Indonesia yang menjadi induk organisasi olahraga untuk atlet disabilitas mengusung empat target pada Paralimpiade Tokyo yang dua di antaranya telah terlampaui.

Pertama, atlet yang lolos kualifikasi. NPC Indonesia semula menargetkan mengirim 15 atlet. Jumlah tersebut sudah terlampaui dengan 23 atlet yang memastikan diri tampil pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Kemudian, target kedua yang sudah terealisasi merujuk cabang olahraga yang diikuti. Indonesia memastikan turun pada tujuh cabang olahraga atau melebihi bidikan sebelumnya yakni enam.

Kini, tinggal dua target yang tersisa yakni meraih satu emas dan finis posisi 60 besar. Target yang dicanangkan tersebut melebihi pencapaian di Rio de Janeiro ketika pulang dengan satu medali perunggu melalui atlet para powerlifting Ni Nengah Widiasih yang turun dalam kelas 41kg putri. Perolehan medali ini menempatkan Indonesia pada posisi 76 klasemen akhir medali.

Indonesia dikenal sebagai negara yang unggul dalam cabang olahraga angkat besi dan bulu tangkis. Pada Olimpiade Tokyo lima medali berasal dari dua cabang ini.

Pun demikian dengan Paralimpiade Tokyo yang diharapkan atlet dari para badminton dan para powerlifting bisa turut mendulang medali seperti atlet Olimpiade Tokyo.

Dari cabang olahraga para badminton, Indonesia memiliki deretan atlet potensial seperti Leani Ratri Oktila.

Leani dijadwalkan turun pada tiga nomor yakni tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko, dan nomor ganda campuran SL3-SU5 bersama Hary Susanto.

Leani memiliki prestasi membanggakan dengan koleksi medali pada berbagai ajang besar. Pada level ASEAN Para Games, perempuan 30 tahun itu mengantongi enam emas.

Artikel Asli