Efek Lionel Messi Pindah ke PSG, Barcelona Kesulitan Cari Sponsor

Olahraga | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:16
Efek Lionel Messi Pindah ke PSG, Barcelona Kesulitan Cari Sponsor

BARCELONA Barcelona mulai merasakan dampak dari kepergian Lionel Messi. Barcelona diprediksi akan kesulitan mencari sponsor untuk musim 2021-2022 karena sudah tak adanya sosok Messi.

Ya, kepergian Lionel Messi dari Barcelona menimbulkan beragam efek. Selain gejolak emosional yang menyelimuti hati penggemar, legenda, dan pemain di Barcelona, hengkangnya striker asal Argentina itu ternyata juga menimbulkan masalah serius bagi keuangan Blaugrana -julukan Barcelona- pada musim depan.

Lionel Messi

Raksasa Spanyol itu dinilai harus bertindak cepat dan juga cerdas untuk memerangi efek dari kepergian Messi. Baru beberapa hari ditinggal saja, mereka telah mengalami penurunan pemasukan komersial sebesar 11 persen.

Pendekatan klub untuk hubungan komersial dan kesepakatan pun harus berubah. Hal itu disebabkan karena mereka tidak bisa lagi mengandalkan Messi untuk membuat sponsor senang dan tertarik.

"Mulai sekarang, untuk mempertahankan sponsor, penampilan tim akan lebih penting daripada nama. Kepergian Messi jelas akan memiliki konsekuensi bagi klub dalam hal sponsor," ujar Marc Ciria, pakar keuangan Barcelona dilansir dari Marca, Rabu (11/8/2021).

"Saat ini, mereka harus memenangkan beberapa Liga Champions. Satu wajah pun tidak akan cukup untuk mereka lagi," sambungnya.

Ciria menekankan bahwa tanpa Messi, citra Barcelona telah berubah untuk sponsor. Oleh sebab itu, strategi yang berbeda akan diperlukan. Caranya adalah dengan memenangkan trofi dan melahirkan ikon-ikon baru di klub.

"Kinerja olahraga mereka akan menjadi kunci untuk mempertahankan sponsor. Dalam jangka menengah, mereka harus beralih ke tokoh lain dari La Masia, seperti Ansu Fati. Tidak peduli jika mereka tidak berada di level Messi," tutup Ciria kemudian.

Artikel Asli