Vinales Pesimistis Rebut Podium di MotoGP Austria 2021

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 01:50
Vinales Pesimistis Rebut Podium di MotoGP Austria 2021

SPIELBERG - Maverick Vinales tampaknya kurang percaya diri dengan kemampuan YZR-M1 Yamaha jelang melakoni balapan di MotoGP Austria 2021, Minggu (15/8/2021) malam WIB. Hal itu ia sampaikan menyusul hasil buruk yang dideritanya di GP Styria, akhir pekan kemarin.

Pada balapan seri 10 MotoGP 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Vinales berada di posisi terakhir atau ke-19 saat balapan selesai, dengan selisih hingga satu menit lebih dengan sang pemenang, Jorge Martin. Tetapi meski sukses menyelesaikan balapan, hal itu tidak masuk dalam hitungan karena dia finis di pit lane.

Dia mengklaim ada perubahan performa motornya saat balapan pertama dengan restart setelah kecelakaan Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori. Sebelum kecelakaan itu terjadi, Vinales naik dari posisi sembilan ke posisi lima dan tampil kompetitif.

Namun, setelah balapan diulang kembali, performanya menurun drastis. Vinales mengatakan telah mengganti kopling, tetapi tiba-tiba motornya berhenti dan harus kembali ke pit lane.

"Ini benar-benar tidak biasa. Mereka (anggota timnya) tidak tahu mengapa, tapi ada perbedaan besar pada ban, dan ya, saya mencoba untuk melaju dan kemudian motor saya bermasalah dan saya berhenti," kata Vinales dilansir dari Speed Cafe, Selasa (10/8/2021).

"Wah, sulit untuk dijelaskan. Kami mengganti kopling dan saya melakukan start normal dan motor berhenti. Saya tidak tahu," imbuhnya.

Ketika ditanya apakah Vinales percaya dengan timnya saat balapan selanjutnya di Red Bull Ring, dia blak-blakan mengkritik timnya. Dia tidak mempunyai kepercayaan pada tim pabrikan asal Jepang itu.

"Saya berlatih sangat keras, saya berusaha, saya melakukan banyak putaran (dalam latihan) dan mengerjakan hal-hal lain, tetapi pada akhirnya, jika dalam satu balapan, motornya bekerja dengan baik dan balapan berikutnya, motornya tidak bekerja, sulit bagi saya. Tidak ada kepercayaan diri pada tim," ujar pembalap asal Spanyol itu.

"Jadi, ya, saya harus terus bekerja, tahun depan akan menjadi tahun baru, dan saya akan berusaha. Saya akan menunjukkan potensi saya," tambahnya.

Sekadar informasi, Vinales tidak akan tampil bersama Yamaha Monster Energy musim depan setelah dia sendiri memutus kontrak dua tahunnya lebih cepat. Saat ini, dia digosipkan akan bergabung dengan Aprilia RS-GP. Meski begitu, dia mengatakan di sisa musim ini fokusnya bersama Yamaha hanya berusaha menampilkan potensi terbaiknya untuk mendapatkan tim tahun depan.

"Di tim ini, saya tidak tahu mengapa saya tidak bisa, karena alasan a, b, atau c, atau secara teknis, saya tidak bisa mengangkat tim. Jadi satu-satunya prioritas saya adalah berusaha dan mengeluarkan hasil maksimal," kata Vinales.

"Yang ada di pikiran saya adalah saya ingin balapan, saya ingin mengeluarkan potensi maksimal saya," imbuhnya.

Vinales saat ini berada di posisi enam klasemen sementara dengan 95 poin, berbeda 77 poin dari rekan setimnya, Fabio Quartararo, di posisi puncak. Balapan MotoGP akan dilanjutkan akhir pekan ini di sirkuit yang sama dengan titel berbeda yakni GP Austria.

Artikel Asli