Kalahkan Jepang, Spanyol Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade

republika | Olahraga | Published at 03/08/2021 20:58
Kalahkan Jepang, Spanyol Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO -- Spanyol lolos ke final cabang sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Jepang, Selasa (3/8) malam WIB. Pemain sayap Real Madrid Marco Asensio menjadi pahlawan kemenangan Spanyol lewat golnya pada babak perpanjangan waktu.

Spanyol tampil dominan sejak babak pertama dimulai. Sementara Jepang hanya mengandalkan serangan balik karena memilih bermain bertahan. Tuan rumah Jepang mengandalkan pemain millk Real Madrid yang dipinjamkan ke Getafe, Takefusa Kubo, untuk membongkar pertahanan Spanyol.

Tim Matador menyerang dari segala sisi pertahanan Jepang. Pada menit ke-39, Spanyol memiliki peluang unggul jika kiper Jepang tak menepis tembakan jarak dekat Rafa Mir. Hingga babak pertama usai skor bertahan 0-0.

Spanyol masih mendominasi jalan laga pada babak kedua. Namun pertahanan Jepang yang rapat membuat mereka kesulitan menemukan ruang tembak.

Pada menit ke-57, Mikel Merino terjatuh di kotak penalti saat adu badan dengan pemain Jepang. Para pemain Spanyol meminta wasit memberikan hadiah penalti. Namun setelah melihat tayangan ulang VAR, wasit menilai bukan sebuah pelanggaran dan bukan penalti.

Pada menit ke-70, tendangan Javi Puado dari sisi kanan pertahanan Jepang masih melencang. Kiper Jepang kembali membuat penyelematan gemilang pada menit ke-76 dengan menahan sontekan Rafa Mir.

Jepang mencoba keluar dari tekanan. Mereka mendapatkan peluang lewat sepakan pojok namun gagal membuah gol. pada menit ke-81 Jepang kembali mendapatkan peluang dari sisi kiri pertahanan Spanyol tetapi tembakan terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap kiper Spanyol.

Pada menit ke-83, Spanyol melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Pedri digantikan pemain Real Madrid Asensio. Masuknya Asensio membuat daya serang Spanyol lebih hidup. Laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu karena skor kacamata hingga waktu normal berakhir.

Jepang menarik Kubo saat perpanjangan waktu. Pola permainan mereka tak berubah yaitu bertahan dikombinasikan dengan serangan balik. Tim Samurai nyaris mencetak gol pada menit ke-102 lewat sundulan Daizen Maeda, tapi bola masih terlalu melambung. Skor tetap bertahan tanpa gol hingga turun minum.

Pada menit ke-111, Jepang mendapatkan peluang bagus. Berawal dari skema bola mati, kemelut terjadi depan gawang Spanyol. Nmaun Asensio dan kawan-kawan dengan cepat membuang jauh bola ke luar arena pertahanannya.

Spanyol akhirnya mencetak gol lewat tendangan melengkung Asensio pada menit ke-116 dari sisi kiri pertahanan Jepang. Kiper Jepang tak bisa menjangkau bola yang mengarah ke sudut kanan gawang.

Meski unggul, Spanyol tak mengendorkan serangan. Namun skor 1-0 bertahan hingga laga usai. Di partai final Spanyol akan melawan Brasil yang sebelumnya mengalahkan Meksiko.

Artikel Asli