Profil Viktor Axelsen: Ditinggal Cerai Orang Tua saat Bocah, Kini Raih Emas Olimpiade

inewsid | Olahraga | Published at 03/08/2021 19:45
Profil Viktor Axelsen: Ditinggal Cerai Orang Tua saat Bocah, Kini Raih Emas Olimpiade

TOKYO, iNews.id- Pebulu tangkis asal Denmark Viktor Axelsen mengukir sejarah manis bagi Denmark di Olimpiade Tokyo 2020. Dia menjadi tunggal putra kedua asal Denmark yang meraih medali emas Olimpiade.

Medali emas berhasil dibawa pulang Axelsen setelah menaklukkan Chen Long (China), 21-15 dan 21-12, Tokyo 2020, Senin (2/8/2021) malam WIB. Dia menjadi tunggal putra kedua asal Denmark yang meraih emas setelah Poul-Herik Hoyer Larsen.

Axelsen juga mencetak sejarah sebagai pebulu tangkis pertama asal Eropa yang meraih medali Olimpiade secara berturut-turut. Sebelumnya, Axelsen meraih medali perunggu di Olimpiade Rio 2016.

Axelsen lahir dari pasangan Henrik Axelsen dan Gitte Lundager pada 4 Januari 1994. Dikutip dari Playersbio, Axelsen mengenal olahraga tepok bulu itu pada usia enam tahun.

Bakat Axelsen sudah terlihat sejak TK. Guru TK Axelsen menyebut dia sangat terampil memukul bola terbang dengan tongkat pemukul.

Akhirnya sang ayah mengenalkan Axelsen dengan bulu tangkis. Dia mulai berlatih di klub bulu tangkis di Odense sejak usai enam tahun.

Namun, Axelsen harus menerima kenyataan pahit. Kedua orang tua cerai saat di masih bocah. Dia pun tinggal bersama ayahnya.

Axelsen kemudian memutuskan diri merantau ke Kopenhagen untuk menambah kemampuan bulu tangkisnya. Benar saja, Axelsen berdiri sebagai pemenang di nomor tunggal dan ganda putra pada tahun 2006 dan 2008.

Axelsen pertama kali membela Timnas Denmark pada usia 16 tahun pada 2012. Setelah itu segudang prestasi diraih Axelsen hingga kini.

Prestasi itu di antaranya 8 kali juara dan 5 kali runner up BWF Tour, satu kali juara dan sekali peringkat tiga BWF World Championship, 4 kali juara dan 7 kali runner up BWF Superseries, medali perunggu Olimpiade Rio 2016 dan medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Kini Axelsen menjadi tunggal putra nomor dua dunia. Bukan tak mungkin, dengan raihan emas Olimpiade Tokyo Axelsen menggesar Kento Momota yang gagal sejak fase awal.

Nama: Viktor Axelsen
Tempat, tanggal lahir: Odense, Denmark, 4 Januari 1994
Usia: 27 tahun
Kewarganegaraan: Denmark
Tinggi badan: 194 cm
Tunggal putra/MS Ranking saat ini: MS 2 (per 4 Mei 2021)
Ranking tertinggi: MS 1 (28 September 2017)

Artikel Asli