Tak Sekadar Pelengkap Makanan, Ini Manfaat Keju untuk Kesehatan

skor.id | Olahraga | Published at 02/08/2021 12:15
Tak Sekadar Pelengkap Makanan, Ini Manfaat Keju untuk Kesehatan
  • Keju memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
  • Namun, tak sedikit yang khawatir dengan kandungan lemak dan garam pada keju.
  • Seperti dikutip dari Alodokter, keju mengandung nutrisi seperti zinc, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, hingga fosfor .

SKOR.id - Keju yang kerap dianggap sebagai bahan makanan dengan harga relatif tinggi alias mahal ternyata punya banyak manfaat.

Seperti dikutip dari Alodokter, ada berbagai kandungan nutrisi dalam keju yang dapat memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh.

Dan, yang perlu digarisbawahi, keju dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga kue kering.

Masalahnya, tak sedikit yang khawatir mengonsumsi keju karena kandungan lemak dan garam yang terdapat di dalamnya.

Padahal, bila dikonsumsi secara tepat atau tidak berlebihan, keju dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hi Skorer, jangan lupa downloadapps Skor.idbiar enggak ketinggalan update dan bisa mendapatkan banyak hadiah menarik.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam keju antara lain karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesiun, zinc hingga fosfor.

Keju juga mengandung vitamin A, D, B12, Omega-3, asam amino sistein, serta antioksidan seperti riboflavin, beta karoten, dan glutathione.

Berikut beberapa manfaat keju untuk kesehatan dikutip dari Alodokter:

  1. Untuk kekuatan dan kesehatan tulang

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, keju bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang berkat kandungan kalsium dan protein.

Tak hanya kalsium, kandungan protein, zinc , vitamin A, vitamin D, dan vitamin K dalam keju juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tulang..

  1. Menjaga kesehatan gigi

Keju juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan keju bisa menghindari risiko gigi berlubang.

Bahkan, ada juga penelitian, anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak produk olahan susu, termasuk keju, memiliki risiko gigi berlubang lebih kecil.

  1. Sehatkan saluran pencernaan

Karena diolah dengan cara fermentasi, keju mengandung bakteri prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Namun, terlalu banyak keju juga bisa menyebabkan konstipasi. Pada beberapa orang yang tak bisa mencerna laktosa, bisa menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Turunkan tekanan darah

Keju dipercaya bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya.

Agar bisa menurunkan tekanan darah dengan maksimal, disarankan memilih keju rendah lemak dan garam seperti keju ricotta dan keju cottage.

  1. Meminimalisasi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, mencukupi konsumsi produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, dapat menekan risiko penyakit kardiovaskular.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai efektivitas dan tingkat keamanan mengonsumsi keju untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Meredakan peradangan dalam tubuh

Hingga saat ini, produk olahan susu termasuk keju, dianggap sebagai jenis makanan yang dapat memicu peradangan di dalam tubuh.

Padahal, beberapa penelitian menunjukkan keju mengandung linoleic acid , sejenis asam lemak yang mampu meredakan peradangan.

Bahkan,asam lemak ini juga dipercaya bisa menurunkan berat badan. Keju juga dipercaya kurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan kanker kolorektal.

Jangan lupa untuk follow dan subscribe akun media sosial kami di:

5 Manfaat Kacang Hijau, Perkuat Kekebalan Tubuh hingga Asupan Program Diet

7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Jadi Pelengkap Menu Diet

&
Artikel Asli