Masalah Bensin, Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari Runner-up F1 GP Hungaria

indosport.com | Olahraga | Published at 02/08/2021 12:11
Masalah Bensin, Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari Runner-up F1 GP Hungaria

INDOSPORT.COM Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel terpaksa kehilangan podium kedua usai didiskualifikasi karena masalah bahan bakar bensin di Formula 1 (F1) GP Hungaria, Minggu (02/08/21).

Pada F1 GP Hungaria 2021, Esteban Ocon (Alpine) keluar sebagai juara di sirkuit Hungaroring, di susul oleh Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang meraih podium kedua dan ketiga.

Namun beberapa jam pasca balapan, laman resmi F1 mengumumkan bahwa Vettel harus kehilangan podium kedua dan 18 poin yang diraihnya karena steward menemukan fakta bahwa pembalap asal Jerman itu telah melanggar aturan.

BREAKING: Sebastian Vettel has been disqualified from the #HungarianGP, losing his second place

Stewards were unable to take the required amount of fuel for sampling following the race pic.twitter.com/Cbts8m9R0f

Formula 1 (@F1) August 1, 2021

Steward hanya bisa mengambil 0,3 liter bensin dari tangki jet darat Aston Martin AMR20 yang dikemudikan oleh Sebastian Vettel pasca balapan.

Padahal sesuai aturan teknis, para pembalap wajib memastikan mereka masih memiliki bensin di tangka mobil agar bisa diambil sebanyak 1,0 liter sebagai sampel kapan pun sepanjang acara berlangsung.

Pasca balapan steward tak bisa mengambil sampel 1,0 liter bahan bakar dari mobil nomor 5 (mobil Vettel), tulis pernyataan steward, dilansir dari F1.

Tim diberikan sejumlah kesempatan untuk mencoba mengambil bahan bakar dari jumlah yang dibutuhkan dan hanya bisa mendapatkan 0,3 liter. tambah keterangan tersebut.

Pelanggaran ini membuat podium kedua yang diraih oleh Sebstian Vettel dihapus, dan Lewis Hamilton naik ke posisi kedua dan Carlos Sainz Jr (Ferrari) yang semula finis di posisi keempat kini menduduki podium ketiga di F1 GP Hungaria 2021 dan diikuti pembalap di belakangnya.

Artikel Asli