Lille Runtuhkan Dominasi PSG di Trophee des Champions

republika | Olahraga | Published at 02/08/2021 05:10
Lille Runtuhkan Dominasi PSG di Trophee des Champions

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lille meruntuhkan dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Trophee des Champions. Lille memetik kemenangan 1-0 atas PSG pada pertandingan yang menandai dimulainya musim baru kompetisi sepak bola Prancis tersebut.

Dimainkan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Israel, pada Ahad (1/8) waktu setempat atau Senin (2/8) dini hari WIB, Lille menang berkat gol semata wayang yang dicetak gelandang Xeka, demikian catatan laman resmi Liga Prancis. Hasil itu menyudahi monopoli PSG yang selalu memenangi delapan pertandingan Trophee des Champions terakhir.

Hasil ini sekaligus membuktikan bahwa gelar juara Liga Prancis 2020/21 yang diraih Lille bukanlah kebetulan semata. Kemenangan tersebut juga membuat Jocelyn Gourvennec, yang baru menduduki kursi pelatih Lille menggantikan Christopher Galtier, mengawali tenor kepelatihannya dengan meraih sebuah trofi.

Catatan statistik pertandingan memperlihatkan PSG mendominasi 71 persen penguasaan bola sepanjang laga. Namun, absennya Kylian Mbappe yang tak ikut serta ke Tel Aviv untuk melanjutkan pemulihan kebugaran pramusim dan Neymar yang masih berlibur membuat Le Parisiens tampil relatif ompong.

Lille yang mengandalkan serangan-serangan balik nyaris membuka keunggulan pada menit ke-40 ketika umpan jauh kiper Leo Jardim diteruskan oleh Jonathan David ke arah Burak Yilmaz. Namun, penyerang gaek asal Turki itu melepaskan tendangan yang lurus ke pelukan kiper Keylor Navas.

Tepat di penghujung waktu normal, kebuntuan terpecahkan ketika Xeka menerima umpan Yilmaz dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mampu menjebol gawang PSG dan membawa Lille memimpin. Kegagalan upaya menembus lini pertahanan Lille berusaha dipecahkan Mauricio Pochettino dengan menurunkan rekrutan barunya, Georginio Wijnaldum.

Wijnaldum masuk melakoni debut resmi untuk PSG menggantikan Eric Ebimbe pada menit ke-71. Tiga menit berselang, Mauro Icardi berhasil menyarangkan bola ke gawang Lille, tetapi selebrasinya reda sejenak kemudian karena di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

PSG terus berusaha mencari gol penyama kedudukan dan Wijnaldum nyaris menandai debutnya dengan gol tepat di penghujung waktu normal jika saja tembakan volinya tak diselamatkan secara gemilang oleh Jardim, yang menjadi pahlawan kemenangan Lille saat peluit tanda laga usai berbunyi. Liga Prancis 2021/22 dijadwalkan mulai bergulir akhir pekan ini. PSG dijadwalkan bertandang ke markas klub promosi Troyes pada Sabtu (7/8) dan sehari berselang Lille juga memainkan laga tandang melawan Metz.

Artikel Asli