Olimpiade Tokyo: Daftar 14 Petinju yang Bakal Jadi Sorotan di Kokugikan Arena

skor.id | Olahraga | Published at 22/07/2021 16:40
Olimpiade Tokyo: Daftar 14 Petinju yang Bakal Jadi Sorotan di Kokugikan Arena

SKOR.id - Tinju menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Bertempat di Kokukigan Arena, kompetisi tinju pada Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan bergulir pada24 Juli hingga 8 Agutus 2021 (dengan jeda sehari pada 2 Agustus).

Total ada 13 medali emas yang diperebutkan. Kategori putri terdiri dari lima kelas,yakni fly (48-51 kg), feather (54-57kg), light (57-60kg), welter (64-69kg), dan middle (69-75kg).

Kategori putraterdiri dari kelas fly (48-51kg), feather (54-57kg), light (57-63kg), welter (63-69kg), middle (69-75kg), light heavy (75-81kg), heavy (81-91kg), dan super heavy (+91kg).

Lalu, siapa saja petinju yang menjadi andalan pada Olimpiade Tokyo 2020? Laman resmi olympics.com pun telah menyebut sejumlah nama.

Pada sektor putra, kiprah tim tinju Uzbekistanyang memiliki sejumlah sosok tangguh patut menjadi sorotan.

Peraih medali emas kelas flyweight pada Rio 2016, Shakhobidin Zoirov, diprediksi masih bisa berbicara banyak di Rio 2016.

Sedangkan juara dunia 2019 Mirazizbek Mirzakhalilov ( featherweigt ) dan Bakhodir Jalolov ( super heavyweight ) dalam tren positif untuk berburu medali Olimpiade perdananya.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Uzbekistan mengirim 11 petinju yang delapan di antaranya turun padakategori putra.

Selain trio Uzbekistan di atas. Andy Cruz (Kuba) yang bakal turun pada kelas lightweight juga patut menjadi sorotan.

Ada juga Pat McCormack (Britania Raya) yangdiunggulkan pada kelas welterweight dan Muslim Gadzhimagomedov (Komite Olimpiade Rusia) pada kelas heavyweight .

Sedangkan pada kelas middleweight , Eumir Marcial (Filipina) dan Oleksandr Khyzhniak (Ukraina) diharapkan bisa bersua di partai final dan menyuguhkan laga sengit.

Dari kategori putri,Mangte Chungneijang Mary Kom (India) yang pernah enam kali menjadi juara dunia tinju untuk tiga kelas berbedakembali mencoba peruntungannya di Olimpiade.

Setelah meraih perunggu pada London 2012, perempuan 38 tahun itumenginginkan medali emas yang bisa jadi penutup manis dalam karier tinjunya.

Akan tetapi, Mary Kom bakal berhadapan dengan petinju potensial Huang Hsiao-wen (Taiwan)dalam perebutan medali emas divisi flyweight .

Dua kompatriot Huang Hsiao-wen, Lin Yu-ting ( featherweight ) dan Wu Shih-yi ( lightweight ), juga masuk dalam daftar sorotan.

Selain Wu Shih-yi, Kellie Harrington (Irlandia) juga dijagokan untuk mendapat medali emas pada kelas lightweight putri.

Sementara Lauren Princedisebut sebagai harapan terbaik Britania Raya untuk memenangi medali emas Olimpiade dari event middleweight putri.

Dari 14 nama unggulan yang disebut di atas, beberapa di antaranyasudah menyandang status sebagai petinju profesional.

Sejak Olimpiade Rio 2016, cabor tinju tak hanya dikhususkan untukmereka yang masih berstatus amatir. Alhasil, perburuan medali emasmenjadi lebih sengit.

Kebijakan itu memberi dampak instan dengan tak ada satu pun petinju amatir yang mampu menembus babak 16 besar pada Olimpiade Rio 2016.

Jake Paul: Saya Senang Melihat Conor McGregor Terpuruk

&
Artikel Asli