Duel Anthony Joshua Kontra Usyk Digelar September

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at 22/07/2021 02:40
Duel Anthony Joshua Kontra Usyk Digelar September

LONDON - Petinju Inggris pemegang sabuk juara WBA, IBF, dan WBO Anthony Joshua akan mempertahankan gelar kelas berat melawan Oleksandr Usyk di Stadion Tottenham Hotspur, London pada 25 September mendatang. Demikian diumumkan promotor pertarungan tersebut pada Selasa (20/7) waktu setempat.

Joshua seharusnya bertarung melawan rekan senegaranya juara kelas berat WBC Tyson Fury dalam pertarungan unifikasi di Arab Saudi pada Agustus. Namun, pertarungan tersebut batal karena WBC memutuskan Fury harus mempertahankan gelarnya melawan Deontay Wilder.

Duel Fury kontra Wlder dijadwalkan berlangsung akhir pekan ini tetapi malah ditunda hingga 9 Oktober di Las Vegas setelah Fury dinyatakan positif virus korona.

Sementara itu, Joshua sekarang akan memenuhi kewajibannya mempertahankan gelar WBO di London, dalam pertandingan tinju pertama yang digelar di kandang baru klub sepak bola Tottenham Hotspur.

Kemenangan bisa membuka jalan untuk 'pertarungan super' kontra Fury, asalkan rekan senegaranya itu mengalahkan petinju Amerika Serikat Wilder dalam pertemuan ketiga. Pertarungan pertama berakhir imbang pada Desember 2018 diikuti oleh kemenangan KO ronde ketujuh pada Februari 2020 untuk petinju Inggris itu.

Dengan menghadapi Usyk dari Ukraina, mantan juara kelas penjelajah, Joshua akan menghadapi sesama peraih medali emas London 2012.

Joshua adalah juara Olimpiade dalam kategori kelas berat super di Olimpiade tersebut, dengan Usyk memuncaki podium di divisi kelas berat. "Tanggalnya sudah ditentukan dan kami sepenuhnya berkomitmen," ujar Joshua dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Matchroom Sport. ben/AFP/S-2

Artikel Asli