7 Makanan Super yang Diklaim Paling Sehat di Dunia

skor.id | Olahraga | Published at 20/07/2021 17:20
7 Makanan Super yang Diklaim Paling Sehat di Dunia

SKOR.id - Di antara berbagai jenis makanan di dunia, ada beberapa yang disebut sebagai superfood alias makanan super karena manfaat yang jauh lebih banyak daripada varian yang lain.

Tidak hanya mengandung nutrisi segudang, superfood juga memiliki manfaat untuk tameng berbagai penyakit, menjaga imun, meningkatkan mood , serta membantu program diet sehat.

Beberapa superfood bahkan diklaim sebagai makanan paling sehat dan harus dikonsumsi setidaknya sekali dalam seminggu untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ini Skor.id melansir dari berbagai sumber tentang superfood yang diklaim sebagai makanan tersehat:

1. Minyak Zaitun

Jurnal PLOS ONE menulis bahwa minyak zaitun terbukti membantu mengurangi risiko obesitas dan masalah metabolisme masyarakat di daerah Mediterania.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun efektif dalam menurunkan kadar peradangan yang mengganggu sistem metabolisme.

2. Kacang Lentil

Kacang lentil adalah salah satu jenis kacang-kacangan dengan bentuk pipih seperti lempengan kecil yang banyak tersebar di Asia dan Afrika, walaupun cukup asing di Indonesia.

Kacang lentil merah, kuning, dan hijau mengandung nutrisi tinggi seperti protein, serat, lemak sehat, vitamin B1, asam folat, mangan, dan fosfor.

3. Kacang Walnut

Journal of the American College of Cardiology menulis bahwa mengonsumsi kacang walnut setidaknya sekali seminggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 19% serta risiko jantung koroner hingga 23%.

Untuk menjaga nutrisi kacang walnut sebaiknya tidak mengolahnya dengan temperatur tinggi serta terlalu lama terpapar udara bebas alias simpan dalam wadah rapat.

4. Oat

Oat adalah pilihan sarapan kaya serat yang memiliki segudang manfaatsepertipenurun kolesterol, tekanan darah, serta risiko penyakit jantung.

American Journal of Public Health juga menulis bahwa mengonsumsi satu mangkuk oat 2-4 kali seminggu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 16 persen.

5. Selada Air

 

Watercress atau selada air mungkin kurang familiar di Indonesia karena lebih banyak menjadi sajian salad untuk western food atau makanan barat.

Selada air di antaranya mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin A, B, C, E, K, kalsium dan berbagai mineral lainnya.

6. Irisan Apel dengan Kulitnya

Jika Anda menyukai apel, alangkah baiknya untuk tidak mengupas kulitnya sebelum dimakan karena kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya.

Kulit apel yang kaya serat dipercaya mengurangi penyusutan otot, penyembuhan luka, hingga mencegah kanker.

7. Tomat

Tumbuhan yang sering diperdebatkan apakah termasuk sayuran atau buah ini memiliki sumber antioksidan, serat makanan, mineral, dan vitamin yang sangat baik.

Selain dikonsumsi langsung atau pelengkap masakan, tomat biasa diolah menjadi sausbahkan masker wajah.

5 Makanan yang Efektif Turunkan Kolesterol, Amunisi Penting usai Rayakan Iduladha

&

Artikel Asli