Jadwal Lengkap dan Pembagian Grup Sepak Bola Olimpiade Tokyo

indosport.com | Olahraga | Published at 20/07/2021 14:41
Jadwal Lengkap dan Pembagian Grup Sepak Bola Olimpiade Tokyo

INDOSPORT.COM Berikut Ini jadwal lengkap dan pembagian grup sepak bola di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga sepak bola akan mulai bergulir 21 Juli 2021, dua hari sebelum pembukaan resmi pesta olahraga ini.

Olimpiade Tokyo 2020 yang sempat ditunda s etahun akibat pandemi virus corona akan segera digelar muluai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Khsus untuk cabang olahraga sepak bola dijadwalkan berlangsung lebih awal, yakni pada 21 Juli dan akan berakhir pada 7 Agustus 2021.

Cabang olahraga sepak bola yang dipertandingan di Olimpiade Tokyo kali ini meliputi dua kompetisi, yakni putra dan putri. Sebanyak 16 negara akan berpatisipasi di nomor putra dan nomor putri akan diramaikan oleh 12 negara.

Pada nomor putra, timnas Brasil selaku juara bertahan Rio 2016 berada di grup D bersama Jerman, Pantai Gading dan Arab Saudi.

Sementara Jepang selaku tuan rumah bersaing di grup A bersama Afrika Selatan, Meksiko, dan Prancis. Grup C juga tak kalah menarik, yakni dihuni dua tim favorit Spanyol, Argentina dan Mesir serta Australia.

Pada nomor putri, Jerman selaku peraih emas Olimpiade Rio 2016 absen lantaran tersingkir di perempat final Piala Dunia Wanita FIFA 2019.

Tanpa adanya Jerman, nomor putri juga tak kalah menarik karena bakal diramaikan persaingan sejumlah negara favorit. Di antaranya, Belanda, Swedia, Amerika Serika dan Inggris.

Pada cabor sepak bola Olimpiade Tokyo ini, Jepang telah menyediakan tujuh stadion untuk menggemar semua pertandingan baik putra dan putri. Namun, pertandingan ini tak akan dihadiri penonton karena masih tingginya angka kasus COVID-19 di Negeri Sakura.

Cabor sepak bola nomor putri akan mengawali rangkaian fase grup lebih dulu. Fase grup nomor putra akan domulai berselang satu hari kemudian.

Berikut ini pembagian grup cabor sepak bola putra dan putri di Olimpiade:

Pembagian Grup Sepak Bola Putra:

Group A: Jepang, Meksiko, Prancis, Afrika Selatan
Group B: Honduras, Korea Selatan, Selandia Baru, Rumania
Group C: Argentina, Australia, Mesir, Spanyol
Group D: Brasil, Jerman, Pantai Gading, Arab Saudi

Pembagian Grup Sepak Bola Putri:

Grup E: Jepang, Kanada, Inggris, Cile
Grup F: Cina, Brasil, Zambia, Belanda
Grup G: Swedia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru

Artikel Asli