Persiapan Berjalan Baik, Menpora Zainudin Amali Sampaikan 5 Poin Terkini PON XX Papua 2021

skor.id | Olahraga | Published at 13/07/2021 13:45
Persiapan Berjalan Baik, Menpora Zainudin Amali Sampaikan 5 Poin Terkini PON XX Papua 2021

SKOR.id - Menpora Zainudin Amali menggelar konferensi pers terkait hasil rapat terbatas (ratas) PON XX Papua 2021 yang dipimpin langsung olehPresiden Joko Widodo pada Selasa (13/7/2021).

Tidak hanya membahas mengenaiPON XX Papua 2021yang dijadwalkan pada2-15 Oktober 2021, ratas tersebut juga membahas persiapan Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) sebulan setelahnya.

Dalam siaran pers secara virtual, Menpora menjelaskan ada lima poin penting yang dibahas selama ratas dengan Presiden.

Berikut ini lima kabar terkini mengenaiPON XX Papua 2021 dan Peparnas 2021:

1. Kesiapan Infrastruktur

Menpora Amali menjamin bahwa seluruh venue dan penginapan telah 90 persen dan tinggal melakukan tahap akhir penyempurnaan.

"Secara keseluruhan persiapan prasarana sudah 90-an persen. Yang tersisa tinggal melakukan finishing juga pengisian peralatan atau perlengkapan di tempat penginapan maupun venue," kata Menpora.

2. Kesiapan Peralatan

"Baik peralatan yang disiapkan oleh pemerintah melalui Kemenpora yang ada di 26 cabor di 36nomor, sudah dalam proses dan dipastikan pada akhir Agustus sudah berada di Papua atau sudah dipasang," Menpora menjelaskan.

PON Papua yang mempertandingkan 37 cabor dengan sekitar 10 ribu partisipan, atlet dan ofisial, akan mengambil lokasi kegiatan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Untuk Peparnas, Amali menegaskan bahwa kejuaraan yang dijadwalkan pada2-15 November 2021 tersebut akan menggunakan venue PON di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.

3. Percepatan Vaksin

Menpora menjamin bahwa jumlah vaksin untuk perhelatan PON Papua akan ditambah dan diperkirakan rampung vaksinasi pada akhir bulan Agustus.

"Vaksin harus disegerakan kepada atlet seluruh kontingen. Juga vaksin untuk masyarakat yang ada di sekitar, baik venue maupun tempat akomodasi," tegasnya.

4. Penonton

Meniru strategi Olimpiade Tokyo, keputusan akhir mengenai penonton baru akan diambil saat mendekati pembukaan acara.

"Masih akan diputuskan bulan September nanti apakah tanpa penonton atau penonton terbatas. Kami sedang melihat dan memantau perkembangan dari Covid-19," terangnya.

5. Jaminan Keamanan

Pria asal Gorontalo tersebut juga menegaskan bahwa keamanan selama PON maupun Papernas Papua telah aman di tangan Polri dan TNI.

"Kapolri dan Panglima TNI menyatakan dukungan penuh. Kedua institusi tersebut bahkan telah memaparkan apa saja yang akan mereka kerjakan," Menpora Zainudin Amali memungkasi paparannya.

Tiru Olimpiade Tokyo, Menpora Sebut PON Papua Bakal Terapkan Sistem Bubble

&
Artikel Asli