SEA Games 2021 Ditunda, Perbasi Ubah Agenda Pembinaan

indosport.com | Olahraga | Published at 13/07/2021 12:06
SEA Games 2021 Ditunda, Perbasi Ubah Agenda Pembinaan

INDOSPORT.COM - PP Perbasi merespons ditundanya penyelenggaraan SEA Games 2021 Vietnam. Federasi bola basket nasional itu menyayangkan penundaan tersebut. Sebab, Timnas Bola Basket sudah dipersiapkan maksimal untuk terjun di multieven antarnegara ASEAN dua tahunan tersebut.

Rasa kecewa ini pin diutatakan oleh Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. Baginya dengan penundaan ini membuat Perbasi mengubah agenda yang telah dibuat.

"Para atlet sudah mempersiapkan diri dengan maksimal untuk hadapi SEA Games Vietnam. Tentu kami menyayangkan penundaan ini karena penundaan ini banyak mengubah agenda PP Perbasi terutama terkait pembinaan atlet," ucap Nirmala Dewi.

PP Perbasi wajar menyayangkan penundaan ini. Timnas Bola Basket yang disiapkan sudah hampir jadi. Timnas Bola Basket Putri 3x3 misalnya, mereka bahkan mencari pengalaman bertanding hingga ke Austria. Di sana, para srikandi Indonesia itu ambil bagian dalam Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Harapannya, mereka bisa menghasilkan medali pada SEA Games nanti. Kemudian untuk Timnas Bola Basket Putra, mereka dipersiapkan lebih matang. Rentetannya mulai ikut dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 hingga putaran finalnya. Mereka kemudian dimatangkan hingga pelaksanaan SEA Games Vietnam.

"Kami sudah menerima arahan dari Pak Menpora dan Ketua NOC yang sudah menerima juga (putusan penundaan SEA Games), sehingga kami harus mematuhi," jelas Sekjen wanita pertama di PP Perbasi. "Kami berharap para atlet dan pelatih tidak patah semangat. Tetaplah berlatih, sehingga kapan pun negara memanggil semua dalam kondisi siap tempur," lanjutnya.

Artikel Asli