Deretan Pemain Peraih Golden Boot Pada Ajang Euro dari Masa ke Masa

skor.id | Olahraga | Published at 13/07/2021 12:00
Deretan Pemain Peraih Golden Boot Pada Ajang Euro dari Masa ke Masa

SKOR.id - Italia sukses raih gelar juara Euro 2020 (Piala Eropa 2020), seusai menaklukkan Inggris melalui adu penalti dengan skor akhir 3-2, setelah keduanya bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan.

Pada Euro2020 kali ini, gelar go lden boot diraih oleh Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Patrik Schick (Republik Ceko). Meski tak mencicipi puncak kompetisi, keduanya bertahan di posisi teratas dalam daftar pencetak gol dengan jumlah 5 gol.

Skorer mungkin saja penasaran, siapa saja pemain yang pernah mendapat penghargaan go lden boot ? Berikut adalah para pemenangnya.

Euro 1960 merupakan edisi pertama dari kompetisi sepak bola ini. Keluar sebagai pencetak gol terbanyak lima pemain sekaligus yakni Milan Galic dan Drazan Jerkovic (Yugoslavia), Valentin Ivanov dan Viktor Ponedelnik (Uni Soviet), serta Francois Heutte (Prancis).

Kelima pemain dari tiga negara yang berbeda tersebut sama-sama mencetak 2 gol sepanjang kompetisi.

Periode berikutnya ada Dezso Novak dan Ferenc Bene (Hungaria) diikuti Chus Pereda (Spanyol). Tiga nama ini berhasil mencetak 2 gol pada Euro 1964. Dragan Dzajic (Serbia) meraih sepatu emas dengan dua gol pada edisi berikutnya.

Posisi puncak pencetak gol terbanyak di tiga edisi berturut-turut (1972, 1976, 1980) datang dari Jerman.

Skor.Id urutkan sesuai tahun, ada Gerd Muller dan Dieter Muller dengan 4 gol, ditutup oleh Klaus Allofs yang menorehkan 3 gol sepanjang Euro 1980.

Michael Platini kemudian mengukir sejarah dengan total 9 gol ia cetak padaEuro 1984. Setelahnya muncul nama Marco van Basten dengan 5 gol selama bermain di Euro empat tahun berselang.

Pada Euro 1992, daftar pencetak gol teratas diisi oleh Dennis Bergkamp (Belanda), Thomas Brolin (Swedia), Henrik Larsen (Denmark), dan Karl-Heinz Riedle (Jerman). Mereka mencetak 3 gol.

Penyerang ternama Inggris Alan Shearer meraih sepatu emas melalui 5 golnya di Euro1996. Pagelaran berikutnya, Savo Milosevic (Serbia) dan Patrick Kluivert (Belanda) menduduki tahta klasemen pencetak gol EURO 2000 dengan 5 gol.

Milan Baros (Republik Ceko) pada Euro 2004 berhasil mencetak 5 gol dan meraih penghargaan g olden boot .

Kemudian Spanyol menyabet juara Euro 2008 dengan David Villa sebagai pencetak gol terbanyak (4 gol).

Daftar pencetak gol edisi 2012 diisi dengan pemain-pemain ternama macam Alan Dzagoev (Rusia), Mario Mandzukic (Kroasia), Cristiano Ronaldo (Portugal), Mario Gomez (Jerman), Fernando Torres (Spanyol), serta Mario Balotelli (Italia) dengan 3 gol.

Sedangkan pada Euro 2016, Prancis yang merupakan finalis menyumbang nama Antoine Griezmann sebagai pencetak gol terbanyak melalui 6 gol selama berkompetisi. (Adhitya Mahatravatama)

Lupakan Euro 2020, Bek Inggris Targetkan Lolos Piala Dunia 2022

&
Artikel Asli