Jorge Mendes: Seorang DJ yang Jadi Super Agen di Sepak Bola

indosport.com | Olahraga | Published at 13/07/2021 11:11
Jorge Mendes: Seorang DJ yang Jadi Super Agen di Sepak Bola

INDOSPORT.COM Dunia sepak bola identik dengan transfer pemain yang melibatkan seorang agen. Salah satu dari agen para pelaku dunia sepak bola yang ternama adalah Jorge Mendes.

Siapa yang tak kenal Jorge Mendes? Pria asal Portugal ini dikenal sebagai super agen ternama mengingat klien-klien yang ia miliki.

Di antara klien dari Mendes antara lain Cristiano Ronaldo, Diego Costa, Ruben Dias hingga pelatih sekaliber Jose Mourinho.

Tak hanya pelaku sepak bola saja. Pria berusia 55 tahun ini juga menjadi agen bagi pembalap Formula 1, Charles Leclerc, dan petenis Joao Sousa.

Jorge Mendes menaungi para kliennya ternamanya tersebut dalam sebuah perusahaan bernama GestiFute yang ia dirikan pada tahun 1996.

Sebagai seorang super agen ternam, Mendes punya kekayaan yang hampir menyamai atau melebihi kliennya sendiri.

Dilaporkan, Mendes mempunyai kekayaan bersih 100 juta dolar (Rp1,4 triliun) per 2020. Penghasilan ini utamanya ia dapatkan dari komisi dari nilai transfer atau kontrak yang bisa mencapai 20 persen penghasilan pemain.

Dengan memili klien yang memiliki nama besar, tentu wajar Mendes meraup banyak pundi-pundi uang hanya dari kemampuannya dalam bernegosiasi.

Awal mula karier Mendes sebagai agen ternama pun tak didapat begitu saja. Bisa dikatakan, pekerjaan ini ia ambil karena kecintaannya pada sepak bola.

Lantas, bagaimana rekam jejak Jorge Mendes hingga bisa menjadi super agen yang selalu sibuk di bursa transfer sepak bola seperti saat ini?

Artikel Asli