Sejarah Trofi Euro yang Diberi Nama Piala Henri Delaunay

indosport.com | Olahraga | Published at 13/07/2021 09:56
Sejarah Trofi Euro yang Diberi Nama Piala Henri Delaunay

INDOSPORT.COM Jika gelar Piala Dunia dulunya dikenal dengan nama Piala Jules Rimet, Euro pun punya nama untuk trofi yang diperebutkan berbagai negara, yakni Henri Delaunay.

Gelaran Euro 2020 telah berakhir pada Senin (12/07/21) di mana Italia keluar sebagai kampiun dan berhak merebut trofi yang dinamai Henry Delaunay tersebut.

Italia dipastikan menjadi juara usai mengandaskan perlawanan tuan rumah laga final, Inggris, lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Di waktu normal, Inggris menjadi tim pertama yang mencetak gol di menit ke-2 lewat Luke Shaw. Sedangkan Italia baru bisa membalasnya pada menit ke-67 lewat Leonardo Bonucci.

Keberhasilan Italia mengalahkan Inggris menjadikan Gli Azzurri untuk kedua kalinya memenangi Euro dan mengangkat trofi Henri Delaunay setelah sebelumnya terjadi pada 1968.

Italia pun menambah gelaran trofi internasionalnya menjadi enam, hanya kalah satu gelar saja dari Jerman yang mampu memenangi tujuh gelar.

Dengan keberhasilan Italia menjuarai Euro dalam dua edisi yakni edisi 1968 dan 2020, maka Gli Azzurri menjadi negara kedua yang paling banyak meraih trofi Henri Delaunay tersebut dan hanya kalah dari Jerman serta Spanyol yang mengoleksi tiga gelar.

Berbicara soal gelar Euro, maka tak lepas dari trofi yang diberikan kepada negara pemenang. Tak banyak yang tahu, bahwa trofi itu diberi nama Henri Delaunay.

Lantas, siapakah sosok Henri Delaunay tersebut? Dan mengapa trofi Euro diputuskan disematkan dengan nama tersebut?

Artikel Asli