Sejarah Pertandingan dan Gol Pertama di Piala Dunia, Dikenang Selamanya

indosport.com | Olahraga | Published at 13/07/2021 09:06
Sejarah Pertandingan dan Gol Pertama di Piala Dunia, Dikenang Selamanya

INDOSPORT.COM - Siapakah penggagas Piala Dunia? Jawabannya adalah orang Prancis bernama Jules Rimet. Lantas negara manakah yang menjuarai Piala Dunia edisi perdana 1930? Jawabannya yaitu Uruguay.

Kedua hal di atas barangkali sudah menjadi pengetahuan umum bagi para penikmat sepak bola. Namun, bisakah Anda menyebut sosok pencetak gol pertama di Piala Dunia?

Tak seperti Jules Rimet dan Uruguay, barangkali penikmat sepak bola perlu mencari tahu lebih dulu melalui mesin pencari Google sebelum menemukan jawabannya, yakni striker Prancis, Lucien Laurent.

Bisa dimaklumi mengingat Laurent dan Prancis sekadar numpang lewat di Piala Dunia 1930. Satu-satunya kebanggaan adalah menjadi pencetak gol sekaligus negara pertama yang memetik kemenangan dalam turnamen akbar empat tahunan itu.

Momen bersejarah Laurent tercipta pada menit ke-19, 13 Juli 1930. Operan jauh Augustin Chantrel dari area pertahanan Prancis mengarah ke kaki penyerang sayap Ernest Liberati yang telah menantikan datangnya bola di sayap kanan pertahanan Meksiko.

Liberati melepaskan umpan silang ke jantung pertahanan Meksiko yang lantas disambar dengan cepat oleh Laurent menggunakan kaki kiri. Kiper Meksiko, Oscar Bonfiglio, tidak kuasa menahan laju bola dan terpaksa merelakan gawangnya bergetar.

"Tentu saja saya tidak menyangka gol tersebut begitu signifikan. Waktu itu kami bahkan tak berpikir Piala Dunia bakal langgeng terus," ungkap Lucien Laurent beberapa tahun kemudian.

Selepas itu, Prancis sanggup menyarangkan tiga gol tambahan berkat sumbangsih Marcel Langiller pada menit ke-40 serta sepasang aksi Andre Maschinot (43 dan 87). Meksiko sempat sekali membalas melalui Juan Carreno (70).

Prancis kontra Meksiko bukan satu-satunya pertandingan hari itu. Di tempat lain, Amerika Serikat dan Belgia juga melakoni duel pembukaan Piala Dunia 1930 yang kemudian berakhir dengan kemenangan tiga gol tanpa balas buat Negeri Paman Sam.

DID YOU KNOW
The first #WorldCup goal was scored by Frances Lucien Laurent: a volley against Mexico on 13 July 1930 #WednesdayWisdom pic.twitter.com/rsUtSoqvFS

FIFA World Cup (@FIFAWorldCup) February 14, 2018

Pesta gol Amerika diawali aksi Bart McGhee pada menit ke-23. Dia menuntaskan peluang emas dari bola pantulan tembakan Billy Gonsalves yang membentur mistar gawang Belgia.

Berikutnya, Amerika Serikat menambah pundi gol lewat Tom Florie (45) dan Bert Patenaude (69). Kubu lawan tak bisa berkutik hingga bubaran sehingga skor 3-0 tercatat sebagai kemenangan sekaligus poin penuh perdana bagi Amerika Serikat.

Memulai kiprah di Piala Dunia 1930 dengan kemenangan rupanya tak lantas membuat Prancis melangkah jauh. Les Bleus alias Si Biru harus menerima kenyataan tersingkir setelah keok dua kali dari Argentina (0-1) dan Cile (0-1).

Meski demikian, Lucien Laurent terus dikenang selamanya. Sebuah catatan yang terekam abadi dalam buku sejarah Piala Dunia sebagai pencetak gol pertama di turnamen sepak bola paling akbar sejagat.

Artikel Asli