Djokovic Samai Rekor Nadal dan Federer

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at 13/07/2021 01:23
Djokovic Samai Rekor Nadal dan Federer

LONDON - Novak Djokovic berhasil menorehkan sejarah dengan memenangkan gelar Grand Slam ke-20 sekaligus gelar Wimbledon keenam, Senin (12/7) dini hari WIB. Petenis peringkat satu dunia itu merebut trofi Grand Slam Wimbledon dengan menundukkan petenis Italia, Matteo Berrettini 6-7 (4/7), 6-4, 6-4, 6-3.

Dengan keberhasilannya ini Djokovic kini menyamai capaian 20 gelar Grand Slam milik Roger Federer dan Rafael Nadal. Kemenangannya tersebut sekaligus juga menempatkan Djokovic kian dekat menjadi petenis pertama yang meraih empat gelar Grand Slam dalam satu tahun sejak 1969.

"Saya pasti bisa membayangkan itu terjadi dan saya berharap saya akan mencobanya. Saya dalam kondisi bagus dan bermain bagus dan memiliki bentuk terbaik saya di Grand Slam adalah prioritas nomor satu saya," ujar Djokovic.

Kemenangan keenam di All England Club untuk Djokovic, yang bermain pada final ke-30 di Grand Slam, menambah koleksinya setelah sembilan gelar Australia Terbuka, dua gelar Roland Garros, serta tiga gelar di AS Terbuka.

Jika dia memenangkan gelar keempat di New York pada bulan September, dia akan menjadi orang ketiga dalam sejarah setelah Don Budge (1938) dan Rod Laver (1962 dan 1969) yang menyelesaikan kalender Grand Slam dengan kemenangan.

"Itu lebih dari sekadar pertempuran. Dia adalah palu Italia sejati, saya merasakannya di kulit saya," ujar Djokovic tentang Berrettini.

Tentang berbagi rekor dengan Federer dan Nadal, dia mengatakan dirinya kini telah sejajar dengan para legenda tersebut. "Itu berarti tidak ada dari kami bertiga yang akan berhenti. Roger dan Rafa adalah legenda, mereka adalah alasan saya berada di tempat saya hari ini."

"Mereka menunjukkan kepada saya apa yang perlu saya lakukan untuk menjadi lebih kuat, secara fisik, taktik, dan mental. Selama 10 tahun terakhir ini merupakan perjalanan luar biasa yang tidak berhenti di sini," sambungnya.

Federer tersingkir di perempat final, sementara Nadal tidak bermain. "Selamat kepada Novak atas gelar Grand Slam ke-20 Anda," ujar Federer, juara delapan kali Wimbledon.

Djokovic juga sekarang memiliki 85 gelar sepanjang karier. Dia menjadi orang pertama yang mendapatkan total hadiah uang sebesar 150 juta dollar AS (2,1 triliun rupiah). Medali emas di Olimpiade Tokyo bisa memberinya Golden Grand Slam pertama untuk petenis pria.

"Saya menganggap diri saya terbaik dan saya percaya bahwa saya yang terbaik. Tetapi apakah saya yang terhebat sepanjang masa atau tidak, saya serahkan perdebatan itu kepada orang lain," ujar Djokovic. ben/AFP/S-2

Artikel Asli