Resmi, Bali United dan Persipura Batal Main di Piala AFC 2021

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:40
Resmi, Bali United dan Persipura Batal Main di Piala AFC 2021

SKOR.id- Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) akhirnya merilis keputusan terbaru terkait kelanjutan Piala AFC 2021 Zona ASEAN.

AFC mengonfirmasi bahwa Piala AFC 2021 Zona ASEAN resmi dibatalkan. Dengan begitu, dipastikan Bali United dan Persipura Jayapura batal ambil bagian di ajang tersebut.

Dalam rilisAFC yang diterima Skor.id, Rabu (7/7/2021), dibatalkannya Piala AFC 2021 Zona ASEAN lantaran sulitnya mendapatkan tuan rumah untuk sentralisasilaga akibat pandemi Covid-19 yang kembali mengganas.

Sebelumnya, Singapura sempat ditunjuk sebagai lokasi sentralisasi babak putaran Grup H dan I. Namun menarik diri lantaran melonjaknya kasus Covid-19.

Sebelum batal,Piala AFC 2021Zona ASEAN meliputi Grup G, H, dan I. Bali United berada di Grup G, sementara Persipura tergabung di Grup H.

"Semua pertandingan Zona ASEAN Piala AFC 2021, yang terdiri dari Grup G, H dan I serta Babak Play-off telah dibatalkan," demikian pernyataan resmi AFC, Rabu (7/7/2021).

"Hal itu karena tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi global dalam menemukan tuan rumah yang cocok untuk menggelar pertandingan terpusat."

Meski telah membatalkan Zona ASEAN, AFC tetap melanjutkan pertandingan Piala AFC 2021 di zona-zona lainnya setelah mendapat persetujuan Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli lalu.

Namun, dengan penyesuaian format yang ada serta ketersediaantuan rumahdi setiap Zona.

"Pertandingan dan grup Piala AFC 2021 di seluruh Zona yang tersisa akan terus mempertahankan struktur keseluruhan kompetisi," tulis AFC.

"Dengan mempertimbangkan format yang ada serta ketersediaan tuan rumah terpusat di setiap Zona."

Fase gugur Piala AFC Zona Tengah, Barat, dan Inter zona, akan tetap digelar sesuai rencana. Dimulai dengan final Zona Tengah antara FC Nasaf melawan FC Ahal.

Duel tim asal Uzbekistan dan Turkmenistan itu dijadwalkan berlangsung pada 25Agustus 2021 di Stadion Markaziy di Karshi, Uzbekistan.

Demikian pula pertandingan leg tunggal semifinal Zona Barat antara Muharraq Club (Bahrain) dan Al Ahed FC(Lebanon), serta Kuwait SC dan Al Salt (Yordania) akan dimainkan pada 20- 21 September 2021.

Sementara itu, AFC masih mengupayakan untuk memastikan lokasi tuan rumah terpusat untuk pertandingan Piala AFC 2021 di Zona Selatan.

Terakhir, AFC juga mengumumkan adanya penundaan drawing babak gugur Piala AFC 2021. Semula berlangsung pada 7 Juli 2021, mundur sampai 4 Agustus mendatang.

Terancam Gagal Tampil di Piala AFC 2021, Bali United Tunggu Surat Resmi

&
Artikel Asli