MotoGP Australia 2021 Dibatalkan, Ini Penggantinya

Olahraga | urbanasia.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:24
MotoGP Australia 2021 Dibatalkan, Ini Penggantinya

Phillip Island - MotoGP Australia kembali dibatalkan untuk musim 2021. Sebagai penggantinya, MotoGP akan kembali dihelat di Portimao, Portugal.

MotoGP Australia biasanya dihelat secara triple-header, yakni Jepang, Australia, dan Malaysia menjelang akhir musim. Tapi, musim lalu, balapan di Australia gagal dihelat karena pandemi virus corona .

Tak cuma Australia, ada banyak balapan yang ditunda di luar Eropa sepanjang 2020. Nah, MotoGP Australia sejatinya akan dihelat di 24 Oktober di sirkuit Phillip Island.

Sayangnya kondisi global yang tak menentu karena pandemi virus corona membuat promotor balapan di sana membatalkan MotoGP Australia. Sebab pemerintah Australia menerapkan karantina ketat untuk para pendatang.

Maka dari itu, dipastikan akan sulit untuk membawa perlengkapan balapan terutama motor-motor masuk ke sana. Maka dari itu Dorna selaku operator MotoGP menyetujui pembatalan ini.

Sebagai gantinya, MotoGP kembali menggelar balapan di Portimao dengan tajuk MotoGP Algavre pada 7 November. Sementara, MotoGP Malaysia dimajukan sepekan jadi tanggal 24 Oktober menggantikan MotoGP Australia.

"FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Australia. Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, komplikasi perjalanan yang muncul, serta pembatasan logistik membuat seri tersebut tidak dapat dikonfirmasi untuk saat ini, dan oleh karena itu balapan tidak akan ditampilkan di kalender 2021," demikian pernyataan resmi Dorna Sports.

Ini jadi pembatalan balapan ketiga musim ini setelah sebelumnya MotoGP Finlandia dan MotoGP Jepang. Dorna mengharapkan MotoGP Australia akan kembali di musim 2022 setelah dua tahun absen.

Untuk balapan penutup masih dihelat di Valencia pada 14 November. Status MotoGP Indonesia masih cadangan dan menunggu homologasi. Sementara, MotoGP Argentina masih menunggu jadwal terbaru.

Saat ini MotoGP 2021 tengah libur sebulan setelah balapan di Belanda 27 Juni.

Kalender Terbaru MotoGP 2021

08 Agustus / MotoGP Styria / Red Bull Ring
15 Agustus / MotoGP Austria / Red Bull Ring
29 Agustus / MotoGP Inggris / Silverstone
12 September / MotoGP Aragon / MotorLand Aragon
19 September / MotoGP San Marino / Misano

03 Oktober / MotoGP Amerika Serikat / Circuit of the Americas
17 Oktober / MotoGP Thailand / Buriram
24 Oktober / MotoGP Malaysia / Sepang
07 November / MotoGP Algarve / Algarve Portimao
14 November / MotoGP Valencia / Ricardo Tormo

"
Artikel Asli