Jelang Kontra Denmark, Strategi Timnas Inggris Diprediksi Mirip Lawan Ukraina

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:55
Jelang Kontra Denmark, Strategi Timnas Inggris Diprediksi Mirip Lawan Ukraina

LONDON - Timnas Inggris diprediksi tidak akan mengubah komposisi pemain saat melawan Denmark pada laga semifinal Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Ramalan itu muncul dari Harry Redknapp.

Sepanjang Piala Eropa 2020 berlangsung, Gareth Southgate kerap bergonta-ganti pemain maupun formasi di setiap laganya. Dalam dua laga awal di fase grup misalnya. Southgate selalu menggunakan formasi 4-3-3, lalu diubah menjadi 4-2-3-1 di laga pemungkas melawan Republik Ceko.

Memasuki 16 besar, ia memberlakukan formasi 3-4-3 saat melawan Jerman, kemudian berubah lagi menjadi 4-2-3-1 saat menang atas Ukraina di perempat final. Perubahan ini pun kerap memicu protes dan kekhawatiran di kalangan penggemar Inggris. Namun, Redknapp justru mengapresiasi keberanian Southgate tersebut sehingga dapat menjawab keraguan di luar sana.

"Gareth telah bertahan dengan apa yang dia yakini sebagai tim untuk memenangkan setiap pertandingan. Dia mengubah tim hampir di setiap pertandingan tetapi apa pun yang dia buat adalah formula yang tepat," ucap Redknapp dikutip dari laman Metro pada Selasa (6/7/2021).

Redknapp pun berkeyakinan, untuk laga melawan Denmark nanti Southgate akan beda dari biasanya dengan tidak melakukan banyak perubahan. Komposisi pemain saat menang 4-0 atas Ukraina di perempat final dinilainya masih cocok diterapkan.

Kalaupun terjadi perubahan, setidaknya menyasar pada satu dua pemain. Redknapp pun menyebut kemungkinan pemain yang akan diberlakukan rotasi adalah Jadon Sancho.

"Besok dia mungkin membuat satu perubahan yang saya bayangkan, mungkin, atau dia mungkin bertahan dengan tim yang menang malam itu," lanjut eks Pelatih Tottenham Hotspur.

"Jika dia membuat perubahan, mungkin hanya ada satu perubahan yang bisa dia lakukan. Apakah dia meninggalkan Sancho sebagai pemain yang luar biasa, tidak ada keraguan tentang itu. Selain itu, saya pikir sepuluh (pemain) lainnya akan tetap bertahan," imbuh pria berusia 74 tahun tersebut.

Apabila yang dikatakan Redknapp benar, tentunya terdapat alternatif pemain lain yang mampu menggantikan Sancho di posisi sayap kanan. Ya, di sana masih terdapat winger potensial lainnya seperti Bukayo Saka dan Kieran Trippier.

Artikel Asli