Federico Chiesa, Bintang Kemenangan Italia atas Spanyol di Piala Eropa 2020

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 07:53
Federico Chiesa, Bintang Kemenangan Italia atas Spanyol di Piala Eropa 2020

LONDON - Tim Nasional (Timnas) Italia memastikan diri tampil di partai puncak Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Spanyol melalui drama adu penalti, Rabu (7/7/2021). Dalam laga ini, Federico Chiesa terpilih menjadi pemain terbaik.

Chiesa tampil penuh sepanjang waktu normal di laga yang dihelat di Wembley Stadium, London ini. Pemain berposisi penyerang ini menampilkan permainan yang konsisten dalam mengancam lini pertahanan La Furia Roja Julukan Spanyol.

Salah satunya dibuktikan melalui gol cantiknya pada menit 60. Berlari dengan cepat dari lini pertahanan sendiri, Chiesa membuat serangan balik Gli Azzurri berjalan sesuai yang diharapkan.

Memanfaatkan kelengahan bek lawan yang belum pada posisi terbaiknya, Chiesa dengan mantap menahan bola. Dengan sekali tahan, ia langsung melakukan tendangan melengkung yang mematikan langkah kiper Unai Simon.

Chiesa's curler at Wembley

Goal of the Round contender? @GazpromFootball | #EUROGOTR | #EURO2020 pic.twitter.com/9A0mpTWn47

UEFA EURO 2020 (@EURO2020) July 6, 2021

Italia pun unggul 1-0. Namun sayang keunggulan itu tak dapat dipertahankan hingga peluit akhir. Alvaro Morata dapat menyamakan kedudukan pada menit 80 dan memaksa laga diteruskan dengan babak perpanjangan waktu.

Pemain berusia 23 tahun ini pun ditarik keluar pada menit 107, meski begitu gol-nya tadi membuat kepercayaan para pemain Italia menjadi tinggi. Sampai ketika laga diakhiri dengan drama adu penalti, mental pasukan Gli Azzurri menjawab dengan kemenangan.

Selain mencetak gol, Chiesa beberapa kali merepotkan lini pertahanan lawan. Gerakan tanpa bolanya membuat para bek Spanyol menjaganya secara ketat dan meninggalkan celah untuk penyerang lain.

Goalscorer EURO 2020 finalist

Well played, Federico Chiesa!

Did you predict that? @Heineken | #EUROSOTM | #EURO2020 pic.twitter.com/RkaurUA5qF

UEFA EURO 2020 (@EURO2020) July 6, 2021

Chiesa juga beberapa kali sukses mengantarkan umpan yang memanjakan sang ujung tombak, Ciro Immobile. Sayang, peluang demi peluang harus sia-sia begitu saja.

Pemain muda Juventus ini dapat dikatakan generasi emas Gli Azzurri di masa yang akan datang. Di umurnya yang masih 23 tahun ia mampu membawa Italia melaju hingga partai puncak Piala Eropa 2020.

Di final, Italia akan melawan salah satu pemenang antara Inggris melawan Denmark. Laga nanti akan digelar di stadion yang sama pada 12 Juli 2021 mendatang.

Artikel Asli