Piala Eropa 2020 Italia Ke Final, Donnarumma Gemilang

Olahraga | rm.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:12
Piala Eropa 2020 Italia Ke Final, Donnarumma Gemilang

Kiper Gianluigi Donnarumma menjadi pahlawan Italia setelah mengantarkan Gli Azzurri ke final Euro 2020. Donnarumma tampil gemilang menyelamatkan gawang Italia lewat adu penalti.

Italia mencapai ke puncak Piala Eropa dengan akor 4-2 lewat drama adu penalti pertandingan semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Donnarumma berhasil menepis tendangan Alvaro Morata. Padahal Morata lah yang memaksa laga dilanjutkan ke adu penalti setelah ia menyamakan 1-1 dari gol pemain Italia Federico Chiesa pada babak kedua.

Empat penendang Italia sukses mencetak gol. Sementara hanya dua dari empat penendang Spanyol yang berhasil. Penendang terakhir Spanyol sudah tidak diperlukan lagi karena sudah tidak menentukan. Posisi akhir adu penalti adalah 4-2 untuk Italia.

Keempat penendang Italia yang berhasil adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan tendangan Dani Olmo melebar di atas gawang dan tendangan Morata dimentahkan kiper Gianluigi Donnarumma.

"Saya ingin berterima kasih kepada seorang orang karena kami kini tinggal satu langkah lagi dalam mewujudkan impian kami," kata Donnarumma.

Donnarumma menyanjung Spanyol sebagai lawan yang tangguh dan sulit sekali dikalahkan. "Spanyol sangat kuat, tapi tim Italia yang ini sangat berani, kami tak mengenal takut," kata sang kiper.

Ini pertama kalinya Spanyol gagal memenangkan semifinal Euro dari lima babak semifinal yang mereka jalani. Tiga di antaranya berakhir dengan status juara Eropa.

Sementara bagi Italia, ini final Euro yang keempatnya. Italia berusaha mengulang sukses 1968 ketika dalam final menaklukkan Yugoslavia 2-0 dalam final di RomaDonn. [IPL]

Artikel Asli