Italia vs Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020, Donnarumma Beberkan Kunci Tepis Penalti Morata

Olahraga | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 05:44
Italia vs Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020, Donnarumma Beberkan Kunci Tepis Penalti Morata

LONDON Timnas Italia berhasil menuju ke final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Spanyol melalui adu penalti di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021). Kiper Gianluigi Donnarumma menjadi pahlawan setelah sukses menghalau sepakan Alvaro Morata.

Spanyol asuhan Luuis Enrique mendominasi jalannya pertandingan dengan gaya khas permainan mereka. Namun, Italia mampu membendung serangan sehingga tak ada gol sampai turun minum.

Foto/Reuters

Baru pada menit ke-60 Italia memecah kebuntuan dari serangan balik. Gianlugi Donnarumma memberi umpan melalui lemparan kepada Marco Verratti yang terus membawa bola ke jantung pertahanan Spanyol, dan diteruskan kepada Federico Chiesa.

Chiesa berhasil melepaskan tendangan melengkung. Bola melewati hadangan dua bek Spanyol ke arah sudut jauh gawang Spanyol dari sektor kiri lapangan yang gagal dihalau kiper Unai Simon.

Namun, 21 menit kemudian pada menit ke-80 Spanyol menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Alvaro Morata sukses menjebol gawang Donnarumma dari luar kotak penalti Azzurri usai menerima umpan dari Dani Olmo.

Skor 1-1 bertahan di waktu normal dan babak tambahan membuat pertandingan menuju kea du penalti. Penendang pertama Italia, Manuel Locatelli gagal melakukan eksekusi karena bola diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Namun, keempat penendang laiinya Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar dia atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Artikel Asli