Italia ke Final Euro 2020 usai Singkirkan Spanyol via Adu Penalti

Olahraga | inewsid | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 04:54
Italia ke Final Euro 2020 usai Singkirkan Spanyol via Adu Penalti

LONDON, iNews.id- Timnas Italia melaju ke final Euro 2020 usai menang adu penalti atas Spanyol. Italia menang 4-2.

Bermain di Wembley Stadium, London pada Rabu (7/7/2021) dini hari WIB, Italia unggul lebih dulu lewat gol Federico Chiesa di menit 60. Spanyol lalu menyamakan kedudukan melalu kaki Alvaro Morata pada menit 80.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak tambahan. Laga dilanjut ke adu penalti. Akhirnya, Italia melaju ke partai final usai menang lewat adu penalti 4-2 atas Spanyol.

Jalannya pertandingan:

Kedua tim langsung saling melancarkan serangan di menit-menit awal. Percobaan awal di menit kedua, Nicollo Barella melakukan tendangan melengkung dan hanya membentur tiang gawang. Ternyata, dia telah terjebak perangkap offside.

Dari segi statistik memasuki menit 25, Spanyol unggul penguasan bola sampai 70%, namun tekanan tinggi yang dilancarkan Gli Azzurri seakan-akan mengaburkan kenyataan itu. Ketika dapat kesempatan menguasai bola, Italia juga memiliki serangan yang menakutkan.

Spanyol mendapat tendangan mengarah ke gawang pertamanya di menit 27. Setelah lepas dari pengawalan lini pertahanan Italia, Dani Olmo melepaskan tendangan dan dapat ditepis Donnarumma.

Memasuki lima menit sebelum babak berakhir, kedua tim sebenarnya sama-sama menciptakan peluang berbahaya. Namun, serangan tersebut kandas di sepertiga pertahanan terakhir lawannya. Alhasil sangat minim tembakan mengarah ke gawang.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang, kedua tim masih menemukan kebuntuan. Laga pun untuk sementara masih berakhir 0-0.

Ketegangan pada lini pertahanan Spanyol terlihat saat mendapat tekanan dari Italia di menit awal. Unai Simon yang menerima back-pass membuang bola tanpa arah. Beruntung tak mengarah ke pemain lawan.

Kedua tim sudah mulai menemukan cara untuk melakukan percobaan ke gawang. Di menit 52 tendangan Busquest tipis di atas mistar gawang Donnarumma. Tak berselang lama, Federico Chiesa melakukan hal serupa namun masih bisa ditangkap Unai Simon.

Skema serangan balik dilancarkan Italia di menit 60. Dengan tiga operan mulai dari kiper hingga berakhir di kaki Federico Chiesa, Italia membuka keunggulannya. Chiesa melepaskan tendangan melengkung dan membuat Unai Simon tak berdaya.

Tertinggal satu gol membuat Spanyol makin kencang melakukan serangan. Beberapa kali tembakan ke gawang dilepaskan namun selalu gagal berbuah menjadi gol penyeimbang.

Sampai akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tim Matador tercipta di menit 80. Pemain yang baru masuk di babak kedua, Alvaro Morata menjadi aktor di dalamnya. Skor menjadi imbang 1-1.

Hingga wasit memberikan injury time selama 3 menit tak ada lagi gol tercipta. Skor 1-1 masih bertahan dan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Babak Tambahan Waktu:
Ancaman diawali oleh Timnas Spanyol melalui tendangan bebas di menit 97. Tendangan kencang dari Dani Olmo dapat ditepis oleh Donnarumma dengan sigap.

Spanyol terlihat mendominasi permainan pada 15 menit pertama. Bahkan sesekali peluangnya berbuah tendangan yang mengancam pertahanan Italia.

Berkali-kali Donnarumma jatuh bangun menepis umpan-umpan silang yang dilepaskan Jordi Alba dkk. Begitu pun lini pertahanan Italia yang terlihat kocar-kacir.

Italia hampir saja menghadirkan mimpi buruk bagi Spanyol. Gol yang dicetak Andrea Belotti dianulir wasit karena lebih dulu terperangkap offside.

Adu Penalti:
Para penendang pertama kedua tim tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Manuel Locatelli tendangannya dapat ditepis Unai Simon, sedangkan Daniel Olmo bolanya melambung tinggi ke atas gawang.

Tiga penendang berikutnya dari Italia tak menyia-nyiakan kesempatannya. Ya mereka adalah Belotti , Bonucci, Bernadeschi.

Alvaro Morata menjadi penendang keempat Spanyol dan tendangannya ditepis Donnarumma. Akhirnya, tendangan penutup oleh Jorginho memastikan Italia melenggang ke partai puncak.

Berikut Susunan Pemain:

Italia XI (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Emerson, Chiellini,; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne.
Cadangan: Sirigu, Meret, Locatelli, Belotti, Berardi, Pessina, Acerbi, Cristante, Bernardeschi, Bastoni, Toloi.
Pelatih: Roberto Mancini.

Spanyol XI (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Jordi Alba; Pedri, Sergio Busquets, Koke;, Dani Olmo Ferran Torres, Oyarzabal.
Cadangan: De Gea, Sanchez, Diego Llorente, Marcos Llorente, Gerard Moreno, Thiago Alcantara, , Pau Torres, Gaya, Rodri, , Adama Traore, , Alvaro Morata

Artikel Asli