Hasil Italia vs Spanyol di Piala Eropa 2020: Drama Adu Penalti, La Furia Roja Tumbang, Gli Azzurri ke Final!

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 04:42
Hasil Italia vs Spanyol di Piala Eropa 2020: Drama Adu Penalti, La Furia Roja Tumbang, Gli Azzurri ke Final!

SKOR.id - Timnas Italia berhasil memenangi laga semifinal Euro 2020 melawan Spanyol dan lolos ke partai final.

Timnas Italia mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti usai laga imbang 1-1 pada laga semifinal Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Gol Italia pada laga ini dicetak oleh Federico Chiesa (60'). Spanyol membalas melalui Alvaro Morata (80'). Laga imbang 1-1 selama 120 menit laga.

Pada babak adu penalti, kegagalan Dani Olmo dan Alvaro Morata membuat Spanyol tumbang dengan skor 2-4, Italia lolos ke final.

Hasil ini membawa Italia lolos ke partai final untuk menghadapi pemenang laga Inggris vs Denmark. Laga final akan dihelat pada Senin (12/7/2021) dini hari pukul 02.00 WIB di Stadion Wembley, London, Inggris.

Sepanjang laga, Spanyol lebih punya banyak penguasaan bola, sampai 71 persen. Spanyol menembak 16 kali dengan 5 tepat sasaran, berbanding 7(4) milik Italia.

Pada laga ini, Leonardo Bonucci memainkan laga ke-17 di Piala Eropa bagi Italia, menyamai catatan rekor milik Gianluigi Buffon.

Sedangkan Chiellini jadi pemain pertama yang melawan negara yang sama lima kali di sejarah gelaran Piala Eropa, ia sudah lima kali melawan timnas Spanyol.

Dari sisi La Furia Roja, Jordi Alba tampil 16 kali di Piala Eropa, menyamai rekor Cesc Fabregas dan Andres Iniesta di timnas Spanyol sepanjang sejarah Euro.

Pada babak pertama, tak banyak peluang yang tercipta dengan kedua tim bermain hati-hati. Sepanjang 45 pertama, Italia sama sekali tak melepaskan tembakan tepat sasaran, Spanyol hanya satu.

Pada babak kedua, Italia yang lebih dulu mencetak gol. Berawal dari situasi serangan balik cepat, Federico Chiesa mencetak gol pada menit ke-60, dengan tendangan keras melengkung kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Gol ini artinya Gli Azzurri hanya gagal mencetak gol dalam satu laga dri 30 pertandingan terakhir mereka.

Italia juga jadi tim kedua dalam sejarah Euro setelah Prancis tahun 2000 yang punya lima pemain berbeda mencetak setidaknya dua gol dalam satu edisi Piala Eropa (Chiesa, Pessina, Insigne, Immobile, dan Locatelli).

Spanyol menyamakan kedudukan 10 menit jelang waktu normal berakhir. Masuk sebagai pemain pengganti, Alvaro Morata mencetak gol dari jarak dekat dengan kaki kiri, memanfaatkan umpan Dani Olmo.

Morata jadi pemain Spanyol pertama yang mampu mencetak gol di Stadion Wembley bersama timnas dan juga klub. Ia juga sudah mencetak enam gol di Piala Eropa untuk La Furia Roja, melewati rekor milik Fernando Torres (5 gol).

Laga 90 menit kemudian berimbang 1-1, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Pada babak tambahan waktu, Domenico Berardi sempat mencetak gol pada menit ke-110, tetapi dianulir wasit karena sebelumnya Berardi sudah terjebak posisi offside. Laga tetap berakhir imbang 1-1 selama 120 menit dan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Pada babak adu penalti, kegagalan Dani Olmo dan Alvaro Morata membuat Spanyol tumbang dengan skor 2-4, Italia lolos ke final.

Penalti: (Italia 4-2 Spanyol)

Italia: Locatelli (gagal), Belotti (gol), Bonucci (gol), Bernardeschi (gol), Jorginho (gol)

Spanyol: Dani Olmo (gagal), Moreno (gol), Thiago (gol), Morata (gagal)

Italia 1-1 Spanyol

Gol: 1-0 (Federico Chiesa, 60), 1-1 (Alvaro Morata, 80)

Italia (4-3-3): Donnarumma, Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson/Toloi (74); Barella/Locatelli (85), Jorginho, Verratti/Pessina (73); Chiesa/Bernardeschi (107), Immobile/Berardi (62), Insigne/Belotti (85)
Pelatih: Roberto Mancini

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Azpilicueta/Llorente (85), Eric Garcia/Pau Torres (109), Laporte, Alba; Koke/Rodri (70), Busquets/Thiago (105), Pedri; Oyarzabal/Moreno (70), Olmo, Torres/Morata (62)
Pelatih: Luis Enrique

Kartu kuning: Busquets, Toloi, Bonucci
Wasit: Felix Brych (Jerman)
Stadion: Wembley, London, Inggris

Euro 2020: Dijuluki Shawberto Carlos, Luke Shaw Dapat Pujian dari Roberto Carlos

&
Artikel Asli