Semifinal Piala Eropa 2020: Italia vs Spanyol Lanjut ke Babak Tambahan

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 04:00
Semifinal Piala Eropa 2020: Italia vs Spanyol Lanjut ke Babak Tambahan

LONDON - Laga Timnas Italia melawan Spanyol pada semifinal Piala Eropa 2020 dalam 2x45 menit berakhir 1-1. Alhasil, kedua tim harus melanjutkan pertandingan hingga babak tambahan waktu 2x15 menit.

Bermain di Wembley Stadium, London pada Rabu (7/7/2021) dini hari WIB ini, diawali dengan gol Federico Chiesa di menit 60. Spanyol menyamakan kedudukan melalu kaki Alvaro Morata pada menit 80.

Babak Pertama:

Kedua tim langsung saling melancarkan serangan di menit-menit awal. Percobaan awal di menit kedua, Nicollo Barella melakukan tendangan melengkung dan hanya membentur tiang gawang. Ternyata, ia pun telah terjebak perangkap offside.

Dari segi statistik memasuki menit 25, Spanyol unggul penguasan bola sampai 70%, namun tekanan tinggi yang dilancarkan Gli Azzurri seakan-akan mengaburkan kenyataan itu. Ketika dapat kesempatan menguasai bola, Italia juga memiliki serangan yang menakutkan.

Spanyol pun mendapat tendangan mengarah ke gawang pertamanya di menit 27. Setelah lepas dari pengawalan lini pertahanan Italia, Dani Olmo melepaskan tendangan dan dapat ditepis Donnarumma.

Memasuki lima menit sebelum babak berakhir, kedua tim sebenarnya sama-sama menciptakan peluang berbahaya. Namun, serangan tersebut kandas di sepertiga pertahanan terakhir lawannya. Alhasil sangat minim tembakan mengarah ke gawang.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang, kedua tim masih menemukan kebuntuan. Laga pun untuk sementara masih berakhir 0-0.

Babak Kedua:

Ketegangan pada lini pertahanan Spanyol terlihat saat mendapat tekanan dari Italia di menit awal. Unai Simon yang menerima back-pass membuang bola tanpa arah. Beruntung tak mengarah ke pemain lawan.

Di babak ini, kedua tim sudah mulai menemukan cara untuk melakukan percobaan ke gawang. Di menit 52 tendangan Busquet tipis di atas mistar gawang Donnarumma. Tak berselang lama, Federico Chiesa melakukan hal serupa namun masih bisa ditangkap Unai Simon.

Skema serangan balik dilancarkan Italia di menit 60. Dengan tiga operan mulai dari kiper hingga berakhir di kaki Federico Chiesa, Italia membuka keunggulannya. Chiesa melepaskan tendangan melengkung dan membuat Unai Simon tak berdaya.

Tertinggal satu gol membuat Spanyol makin kencang melakukan serangan. Beberapa kali tembakan ke gawang dilepaskan namun selalu gagal berbuah menjadi gol penyeimbang.

Sampai akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tim matador tercipta di menit 80. Pemain yang baru masuk di babak kedua, Alvaro Morata menjadi aktor di dalamnya. Skor menjadi imbang 1-1.

Hingga wasit memberikan injury time selama 3 menit tak ada lagi gol tercipta. Skor 1-1 masih bertahan dan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Artikel Asli