Brasil Melaju ke Final Copa America

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 01:19
Brasil Melaju ke Final Copa America

RIO DE JANEIRO - Neymar bekerja sama dengan Lucas Paqueta untuk mencetak satu-satunya gol saat tuan rumah Brasil mengalahkan Peru 1-0. Hasil pertandingan yang berlangsung Selasa (6/7) pagi WIB itu memastikan Brasil melaju ke final Copa America.

Laga semifinal tersebut adalah adalah ulangan final edisi sebelumnya, dua tahun lalu, ketika Brasil yang tidak diperkuat Neymar karena cedera juga menang di kandang sendiri.

Selecao akan bermain melawan Argentina atau Kolombia pada pertandingan final hari Sabtu di stadion ikonik Maracana, Rio de Janeiro.

Semifinal kedua antara Argentina dan Kolombia digelar Rabu WIB. "Saya ingin Argentina, Saya mendukung mereka," kata Neymar dengan tersenyum seperti dikutip Reuters. "Saya punya teman di sana dan pada final Brazil akan menang."

Terakhir kali kedua tim bertemu dalam final Copa America adalah pada 2007, ketika Brasil menang 3-0 di Venezuela, dan pertandingan perebutan gelar antara rival kuat itu akan menjadi suguhan bagi yang netral.

Menghadapi Peru, Brasil benar-benar mendominasi babak pertama pada pertandingan yang berlangsung di stadion Nilton Santos. Pada babak kedua mereka harus bertahan beberapa saat sebelum mengamankan tempat di final.

Brasil membuka peluang pada menit kedelapan saat umpan Paqueta disambut Richarlison, tetapi bola tembakannya hanya melebar di sisi gawang Peru yang dijaga Pedro Gallese.

Gol tercipta di menit ke-35. Berawal dari pergerakan Neymar, penyerang PSG itu membuka peluang usai melewati dua pemain bertahan Peru. Neymar yang melihat Paqueta berdiri di posisi kosong langsung memberikan umpan yang diteruskan menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Brasil ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Peru bermain lebih agresif. Peru mendapatkan peluang di menit ke-49. Menerima umpan Yoshimar Yotun dari sisi kanan, Lapadula mencari posisi tepat untuk melakukan tembakan. Napi bola melebar ke samping gawang Brasil yang dijaga Ederson. Peru terus memberikan tekanan hingga menju menit-menit akhir pertandingan.

Sementara di kubu Brasil, sadar timnya diambang kemenangan, Tite langsung menarik tiga pemainnya dengan memasukkan Eder Militao, Fabinho, dan Vinicius Junior. Brasil mulai menurunkan tempo permainan dan berhasil mempertahankan skor 1-0 atas Peru hingga pertandingan selesai. ben/AFP/S-2

Artikel Asli