Ketua Dewan Pembina Persipura Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

skor.id | Olahraga | Published at 03/07/2021 11:30
Ketua Dewan Pembina Persipura Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

SKOR.id - Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan Ketua Dewan Pembina Persipura meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) di Jakarta.

Adik dari Presiden keempat Indonesia, Megawati Soekarnoputri ini meninggal dunia sekitar pukul 06.45 WIB.

Politikus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mencuit kabar duka ini melalui akun Twitter pribadinya.

"Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," tweet dari Sufmi.

Sufmi yang juga Ketua Harian DPP Partai Gerindra membenarkan informasi bahwa Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia setelah terpapar Covid-19.

"Meninggal dunia karena Covid-19," ucap Dasco seperti yang dikutip dari Kompas.com .

Sekitar setengah bulan sebelum meninggalnya pendiri Partai Pel0por ini, Persipura Jayapura mengumumkan ketua dewan pembina baru klub berjulukan Mutiara Hitam di Jakarta.

Rachmawati Soekarnoputri diangkat menjadi Ketua Dewan Pembina Persipura bertempat di Aula Dr Ir Soekarno, Universitas Bung Karno, Jakarta Pusat pada Senin (14/6/2021).

Manajemen Persipura mengumumkan hal ini dan kala itu, Rachmawati Soekarnoputri juga menerima kostum klub Liga 1 ini atas nama dirinya dengan nomor 27 dari Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano selepas memberikan kata sambutan.

Penyerahan jersi skuad Mutiara Hitam ini sebagai penanda secara resmi putri ketiga Soekarno dan Fatmawati itu menempati posisi Ketua Dewan Pembina Persipura.

Selain Benhur Tomi Mano yang juga Ketua Umum Persipura, pengukuhan Rachmawati ini dihadiri pengusaha asal Papua, Rudy Maswi, Thaha Al Hamid, Pdt. Herman Awom, S.Th, Bonny Z. Minang, dan Manajer Bento Madubun.

Duo legenda Persipura, Johanis Auri dan Rully Nerre serta pasangan artis Ari Sihasale serta sang istri, Nia Zulkarnaen juga hadir pada acara ini.

Kehadiran Rachmawati Soekarnoputri di Persipura bermula dari permintaan pengurus klub Liga 1 asal Papua ini pada April 2021.

Pada momen itu, Rachmawati Soekarnoputri teringat pesan yang disampaikan sang ayah, Bung Karno ketika meresmikan Panitia Pembangunan Irian Barat pada 24 September 1962.

Pembangunan Irian Barat (kini Provinsi Papua dan Papua Barat), dikatakan Bung Karno, hanya dapat dilakukan dengan mengakumulasi segala upaya dan tenaga, baik moral maupun material.

Apalagi, Rachmawati pada 2017 mendapat gelar Mama Papua dari tokoh Papua di Jakarta sehingga merasa sangat gembira dan tersanjung atas permintaan itu.

"Sebetulnya, (permintaan) sudah sejak lama. Saya juga mempunyai keinginan untuk bersama-sama dengan saudara-saudara dari Papua untuk mewujudkan Papua yang damai sejahtera dan bermartabat," kata Rachmawati saat itu.

"Oleh karena itu, permintaan dari pengurus Persipura untuk menjadi Ketua Dewan Pembina seperti gayung bersambut."

"Dari lubuk hati yang paling dalam dan dengan sepenuh ketulusan hati, saya menerima permintaan tersebut," tuturnya.

Benhur Tomi Mano dalam sambutannya mengatakan, orang-orang Papua merasa bangga atas kesediaan Rachmawati Soekarnoputri menjadi bagian dari Persipura.

"Ini adalah sejarah bagi kami, masyarakat Papua dan bangsa Indonesia. Putri sang proklamator dengan penuh cinta ingin menggendong dan membesarkan kami semua," kata Ketua Umum Persipura itu.

&
Artikel Asli