Timnas Indonesia Jago di Kelompok Umur tapi Memble di Level Senior, Apa Kata PSSI?

okezone | Olahraga | Published at 28/06/2021 04:10
Timnas Indonesia Jago di Kelompok Umur tapi Memble di Level Senior, Apa Kata PSSI?

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menyiapkan terobosan demi perbaikan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia ke depan. Pria asal Gorontalo itu paham, Timnas Indonesia jago di kelompok umur seperti U-16 dan U-19.

Namun, ketika naik ke tim senior, performa pemain kita cenderung menurun sehingga kesulitan bersaing dengan negara-negara lain. Ambil contoh Timnas Indonesia U-19 angkatan Evan Dimas.

Timnas Indonesia U-19

(Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas)

Pada 2013, Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2013 setelah di final menang adu penalti atas Vietnam. Saat itu selain Evan Dimas, Timnas Indonesia U-19 diperkuat Hansamu Yama Pranata, Ilham Udin, Muchlis Hadi Ning dan banyak lagi.

Akan tetapi, tak ada prestasi yang dihadirkan nama-nama di atas ketika naik pangkat ke tim senior. Hal itu berbeda dengan Vietnam. Kita lihat daftar pemain senior Vietnam saat ini, ada sejumlah pemain yang saat itu dikalahkan Evan Dimas di level U-19.

Sebut saja Nguyen Pong Hong Duy, Nguyen Cong Phuong, Pham Duc Huy dan Luong Xuan Truong. Ketika turun di Piala AFF U-19 2013, Timnas Vietnam U-19 tampil luar biasa.

Vietnam U-19 keluar sebagai kampiun fase grup setelah menyudahi lima pertandingan dengan kemenangan, termasuk mengalahkan tuan rumah Indonesia yang dimotori Evan Dimas dengan skor 2-1.

Nguyen Cong Phuong

(Nguyen Cong Phuong, pemain andalan Vietnam angkatan Evan Dimas)

Saat itu, Pham Duc Huy mencetak gol penyama kedudukan untuk Vietnam, sebelum akhirnya Nguyen Van Toan mencetak gol kemenangan. Kemudian di semifinal, Vietnam menang 1-0 atas Laos lewat gol yang dicetak Nguyen Cong Phoung, pemain andalan Timnas senior Golden Stars saat ini.

Akan tetapi, kedigdayaan Vietnam dihentikan Indonesia di partai puncak. Setelah bermain 1-1 hingga 120 menit pertandingan, Vietnam akhirnya takluk 6-7 via adu penalti.

Artikel Asli