Cetak Gol dan Assist, Tomas Holes Jadi Pemain Terbaik Laga Belanda vs Republik Ceko

inewsid | Olahraga | Published at 28/06/2021 01:42
Cetak Gol dan Assist, Tomas Holes Jadi Pemain Terbaik Laga Belanda vs Republik Ceko

BUDAPEST, iNews.id Tim Nasional (Timnas) Republik Ceko menyingkirkan Belanda dalam lanjutan 16 Besar Piala Eropa 2020 dengan skor 2-0 untuk lolos ke babak perempat final. Dalam laga yang berlangsung sengit ini, gelandang Ceko Tomas Holes terpilih menjadi pemain terbaik.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Hungaria pada Minggu (27/6/2021) kedua tim bermain seimbang di babak pertama. Sampai akhirnya malapetaka bagi Belanda terjadi di menit 55 berimbas dihadiahinya Matthijs de Ligt dengan kartu merah.

Unggul dari jumlah pemain membuat Ceko semakin beringas dalam melakukan serangan. Alhasil, terciptalah dua gol dari kaki Tomas Holes (68) dan Patrik Schick (80) mengantarkan mereka ke babak perempat final.

Peran pemain 28 tahun ini sangat signifikan dalam laga kali ini. Posisi awalnya sebagai gelandang bertahan tak menahannya membantu serangan hingga ke depan.

Satu gol yang dia ciptakan pun berawal dari inisiatifnya menerobos hingga kotak penalti Belanda. Memanfaatkan kemelut di depan gawang hasil tendangan bebas dari sisi kiri, dia dapat melakukan sundulan tanpa terkawal.

Tak sampai di sana, Holes juga menyumbang assist bagi gol kedua yang dicetak Patrik Schick. Akselerasinya yang cepat di sisi sebelah kiri pertahanan Belanda tak mampu dihentikan hingga dengan baik mengoper bola ke tengah kotak penalti.

Sebagai informasi, pada gol kedua ini Holes yang berinisiatif ke sisi sebelah kiri padahal dijaga oleh Denzel Dumfries. Dumfries sendiri merupakan pemain terbaik Belanda dalam laga-laga di fase grup sebelumnya.

Tak hanya dalam urusan menyerang, Holes juga sangat kuat membantu lini pertahanan. Sejumlah takel-takel krusial kerap ia lancarkan untuk mencegah para pemain Belanda mencetak gol.

Dengan ini, Holes dan rekan-rakannya dapat melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Suatu pencapaian yang tak diprediksi sebelumnya oleh kebanyakan orang.

Di perempat final, Timnas Ceko akan menghadapi Denmark yang telah lebih dulu memastikan diri setelah mengalahkan Wales dengan skor 4-0. Laga ini akan berlangsung pada Sabtu 3 Juli 2021 mendatang di Baku Olympic Stadium. (Quadiliba Al-Farabi)

Artikel Asli