Lanjutkan Momentum

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at 28/06/2021 01:30
Lanjutkan Momentum

KOPENHAGEN - Spanyol berambisi melanjutkan kinerja bagus di Piala Eropa 2020 ketika menghadapi Kroasia di babak 16 besar, Senin (28/6) malam waktu setempat. Kemenangan pada laga yang berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, akan memberi Spanyol momentum lebih lanjut.

La Furia Roja menempati posisi kedua Grup E untuk melaju ke babak sistem gugur. Sementara Kroasia mengklaim posisi kedua pada Grup D di belakang Inggris.

Kroasia memulai babak penyisihan Grup D dengan awal buruk. Kekalahan 0-1 dari Inggris pada 13 Juni membuat finalis Piala Dunia 2018 harus mengejar ketertinggalan. Hal itu terutama karena Republik Ceko mengawali langkah dengan kemenangan atas Skotlandia dan bergabung dengan Inggris, sama-sama mengoleksi tiga poin.

Kroasia kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Republik Ceko, yang membuat mereka berada di posisi sulit menjelang pertandingan kontra Skotlandia pada 22 Juni. Namun, kinerja bagus dari tim asuhan Zlatko Dalic membuat mereka meraih tiga poin lewat kemenangan dengan skor 3-1. Nikola Vlasic, Luka Modric dan Ivan Perisic mencetak gol pada laga tersebut.

Kemenangan di Hampden Park memungkinkan Kroasia untuk bergerak di atas Republik Ceko ke posisi kedua Grup D, yang pada akhirnya membuat mereka menghadapi pertandingan sulit di babak 16 besar melawan Spanyol.

Tim asuhan Dalic mencapai final Piala Dunia 2018, tetapi catatan mereka di Piala Eropa mengecewakan. Kroasia belum pernah lolos dari babak perempat final.

Di sisi lain, Spanyol, menunjukkan penampilan luar biasa saat mencatat kemenangan 5-0 atas Slovakia untuk mengamankan tempat di babak 16 besar.

La Furia Roja tampaknya akan finis di puncak Grup E, tetapi Swedia mencetak gol terlambat untuk mengalahkan Polandia pada malam yang sama. Hasil itu memungkinkan Swedia naik ke puncak grup dan mendorong tim asuhan Luis Enrique ke urutan kedua.

Spanyol membuka turnamen dengan hasil imbang tanpa gol melawan Swedia pada 14 Juni sebelum ditahan imbang 1-1 oleh Polandia lima hari kemudian. Hasil imbang itu membuat tim pemenang tiga kali Piala Eropa itu menghadapi kemungkinan eliminasi di fase grup.

Namun, penampilan impresif ditinjukkan pada laga melawan Slovakia dengan Aymeric Laporte, Pablo Sarabia dan Ferran Torres berada di daftar pencetak gol. Sementara dua gol bunuh diri juga membantu tim asuhan Enrique.

"Ini jelas melegakan, tidak hanya bagi saya. Ini sangat berarti ketika saya terus bersikeras pada ide permainan sepakbola yang sama dan bisa mendapatkan hasil dengan itu," ujar Luis Enrique. "Hasilnya datang pada saat terbaik dan itu mempersiapkan kami untuk apa yang akan datang," sambungnya.

La Furia Roja berusaha untuk memenangkan trofi Piala Eropa keempat, yang akan menjadikan mereka tim paling sukses dalam sejarah turnamen ini. Saat ini, mereka memiliki tiga trofi, sama dengan Jerman, setelah menang pada edisi 1964, 2008 dan 2012.

Virus Korona

Kroasia akan tanpa Ivan Perisic dalam laga kontra Spanyol. Hal itu setelah pemain sayap Inter Milan itu dinyatakan positif terkena virus korona pada hari Sabtu.

Perisic telah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan Piala Eropa 2020. Namun penampilannya tampaknya akan berakhir karena harus mengisolasi diri selama 10 hari.

Perisic akan melewatkan perempat final dan semi final jika Kroasia berhasil melangkah lebih jauh.

"Pada Sabtu malam, Federasi Sepak Bola Kroasia menerima hasil tes reguler untuk virus SARS-CoV-2, yang menunjukkan bahwa pemain Ivan Perisic telah positif terkena virus korona," demikian federasi sepak bola Kroasia dalam sebuah pernyataan.

Perisic mencetak gol ketiga timnya dalam kemenangan 3-1 atas Skotlandia, hanya beberapa hari setelah kasus positif di kubu Skotlandia untuk gelandang Chelsea, Billy Gilmour.

Bersama dengan kapten Luka Modric, Perisic adalah salah satu pemain kunci Kroasia dan pahlawan dalam perjalanan mereka ke final Piala Dunia tiga tahun lalu. ben/AFP/S-2

Perkiraan Formasi

Kroasia 4-3-3

Livakovic

Vrsaljko, Lovren, Vida, Gvardiol

Modric, Brozovic, Kovacic

Vlasic, Petkovic, Perisic

Spanyol 4-3-3

Simon

Azpilicueta, Laporte, Torres, Alba

Pedri, Busquets, Koke

Sarabia, Morata, G Moreno

Artikel Asli