Loading...
Loading…
Mengenang 5 Duel dengan Gol Tandang Paling Dramatis di Liga Champions

Mengenang 5 Duel dengan Gol Tandang Paling Dramatis di Liga Champions

Olahraga | indosport.com | Jumat, 25 Juni 2021 - 12:36

INDOSPORT.COM Berikut ini 5 laga dengan gol tandang paling dramatis di Liga Champions, seiring keputusan UEFA menghapus aturan tersebut di kompetisi Eropa mulai musim depan.

Di tengah gelaran Euro 2020, UEFA mengambil langkah drastis terkait gelaran kompetisi antarklub Eropa, dengan menghapus aturan gol tandang mulai musim depan alias 2021/2022.

Keputusan ini tidak hanya berlalu untuk kompetisi Liga Champions saja, melainkan juga kompetisi lain yang bernaung di bawah UEFA yakni Liga Europa dan sepak bola putri serta remaja.

Pengumuman itu sendiri disampaikan UEFA melalui pernyataan resmi mereka, Kamis (24/06/21) malam WIB.

"Aturan gol tandang akan dihapus dari semua kompetisi antarklub UEFA mulai musim 2021/22. Laga di mana kedua tim mencetak jumlah gol yang sama dalam dua leg kini akan dilanjutkan dengan dua babak perpanjangan waktu 15 menit, dan, jika diperlukan, tendangan penalti."

Aturan gol tandang sendiri kerap melahirkan momen dramatis, di mana satu gol tandang bisa mengubah situasi kalah dan menang di babak gugur.

Sejumlah hasil spektakuler pun kerap lahir dari aturan tersebut, seperti yang pernah dialami Barcelona dan AS Roma.

Berikut ini, INDOSPORT merangkum 5 pertandingan Liga Champions dengan gol tandang paling dramatis.

AS Roma vs Barcelona (2018)

Leg 1: Barcelona 4-1 AS Roma, Leg 2: AS Roma 3-0 Barcelona

Dalam laga perempat final ini, AS Roma kalah 1-4 dari Barcelona di leg pertama yang digelar di Camp Nou. Giallorossi pun menghadapi misi sulit untuk menang 3 gol tanpa balas agar lolos ke semifinal.

Edin Dzeko membuka harapan Roma lewat gol cepatnya di menit keenam, sebelum gol penalti Daniele de Rossi di menit ke-58 membuat harapan Giallorossi makin besar.

Momen dramatis terjadi di menit ke-82 ketika sundulan Kostas Manolas memanfaatkan sepak pojok Cengiz Under membawa AS Roma menang 3-0 dan melaju ke semifinal, menyingkirkan Barcelona.

Chelsea vs Barcelona (2009)

Selebrasi gelandang Barcelona, Andres Iniesta, usia menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan Liga Champions, 6 Mei 2009. Copyright: Getty Images Selebrasi gelandang Barcelona, Andres Iniesta, usia menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan Liga Champions, 6 Mei 2009.

Leg 1: Barcelona 0-0 Chelsea, Leg 2: Chelsea 1-1 Barcelona

Bermain imbang tanpa gol di leg 1 semifinal di Camp Nou, Chelsea membuka harapan lolos ke semifinal usai unggul 1-0 lewat gol Michael Essien di menit ke-9 pada laga leg kedua.

Harapan itu menguat setelah skor tersebut bertahan hingga injury time. Namun, di menit ketiga injury time babak kedua, petaka terjadi setelah Andres Iniesta berhasil mencetak gol penyama kedudukan, yang akhirnya meloloskan Barcelona.

Original Source

Topik Menarik