Loading...
Loading…
Preview Portugal vs Jerman: Menanti Gol Cristiano Ronaldo ke Gawang Tim Panser

Preview Portugal vs Jerman: Menanti Gol Cristiano Ronaldo ke Gawang Tim Panser

Olahraga | okezone | Sabtu, 19 Juni 2021 - 17:57

SEWAKTU menjadi asisten pelatih Jurgen Klinsmaan dari 2004-2006, ini kelima kalinya Joachim Low mempersiapkan timnya menghadapi Timnas Portugal dalam sebuah turnamen besar. Dia sudah empat kali mempersembahkan kemenangan dari empat kali mempersiapkan timnya melawan Portugal sebagai manajer.

Kemenangan yang terbaru terjadi pada fase grup Piala Dunia 2014 ketika Portugal menyerah 0-4 dan Jerman menjadi juara dunia di Brazil.

Foto/Reuters

Tetapi tujuh tahun terakhir petanya berubah drastis. Jerman tercecer pada peringkat 12 dunia versi FIFA, sebaliknya Portugal menyodok ke urutan kelima dan berubah jauh lebih kuat tatkala menjuarai Piala Eropa 2016.

Kini, Portugal memuncaki sementara klasemen Grup F Piala Eropa 2020 setelah dua gol Ronaldo mewarnai kemenangan 3-0 atas Hungaria. Sang supertar Juventus yang mantan pemain Real Madrid dan Manchester United sudah mencetak 11 gol dalam lima putaran final Euro berturut-turut.

Tetapi Ronaldo tidak pernah bisa menjebol gawang Die Mannschaft. Tulah Jerman, dan selalu menang dalam lima laga terakhir, membuat kubu Jerman optimistis saat kedua tim bertemu lebih dini dalam pertandingan kedua Grup F di Allianz Arena, Muenchen, Sabtu pukul 23.00 WIB nanti.

"Kami berharap keluar sebagai pemenang dengan kemenangan kelima (secara beruntun)," kata bek Matthias Ginter seperti dikutip AFP.

Namun, ada kekhawatiran besar yang menyelimuti skuad Jerman bahwa kali ini. Jika tak bisa menaklukkan Portugal, artinya mereka bisa mengulang malapetaka tiga tahun lalu ketika mereka terlempar dari Piala Dunia 2018 setelah menjadi juru kunci fase grup.

"Jika ada pemain timnas, atau bahkan pelatih, yakin sekali kita bakal melangkah ke 16 besar, ada risiko terulangnya kegagalan dalam Piala Dunia 2018," tulis harian Bild di Jerman.

Tetapi pemain-pemain tim Panser tetap yakin bisa membalikkan keadaan. "Kami tim yang hebat, kami berkualitas dan bisa melangkah jauh, kami tetap yakin pada diri kami sendiri," kata gelandang Emre Can.

Namun untuk melangkah sejauh itu Jerman harus mereformasi pasukannya, terutama menajamkan barisan serang saat beroperasi di kotak penalti lawan, apalagi pertahanan Portugal tak kalah tangguh dari Prancis.

Jerman tak perlu ada koreksi di sepertiga pertamanya sekalipun Mats Hummels membuat gol bunuh diri yang membuat Prancis menang. Mereka relatif sanggup meredam trio semaut Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Karim Benzema, kendati Mbappe dan Benzema menciptakan gol yang kemudian dianulir karena offside.

Original Source

Topik Menarik