Darren Sidoel, Bek Keturunan Wonosobo yang Cetak Gol Debut di Liga Spanyol

Olahraga | indosport.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 13:46
Darren Sidoel, Bek Keturunan Wonosobo yang Cetak Gol Debut di Liga Spanyol

INDOSPORT.COM – Melihat rapor penampilan serta kisah Darren Sidoel, salah satu pemain berdarah Indonesia yang pekan lalu sukses cetak gol debut di kompetisi Liga Spanyol.

Jika mendengar namanya, maka publik tentunya akan menebak bahwa Darren Sidoel merupakan pesepakbola asal Betawi. Hal tersebut tak terlepas karena adanya serial film ternama di Indonesia, yakni Sidoel Anak Sekolahan.

Namun nyatanya, pemain berusia 23 tahun tersebut memiliki keturunan Jawa, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dari sang ayah. Sang pemain pun sempat memberikan syarat, bahwa dirinya tak menutup kemungkinan untuk bisa bergabung ke Timnas Indonesia.

Dalam wawancara terbaru, Sidoel pernah mengatakan bahwa ia akan membuka pintu bila PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia mengundangnya untuk bergabung dengan Timnas.

“Jika PSSI ingin mengundang saya untuk membela timnas, maka saya akan senang untuk berbicara dengan mereka soal peluang tersebut dan mempertimbangkan bermain untuk timnas Indonesia," ucap Sidoel.

Melihat dari rekam jejaknya selama ini, Darren Sidoel dikenal sebagai pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Dirinya pun memiliki fleksibilitas, karena ia bisa bermain sebagai gelandang dan bek kanan.

Memulai karier di akademi Ajax Amsterdam (Belanda), Darren Sidoel catatkan 53 pertandingan bersama tim muda Ajax dan skuad junior dengan torehan empat gol serta satu assists. Bahkan pada musim 2017/18, dirinya membantu Jong Ajax menjuarai Eerste Divisie.

Namun sayang, akibat jarang dapat kesempatan main di tim utama Ajax, pada Juli 2018 silam Darren Sidoel memutuskan hengkang ke klub Liga Inggris, Reading FC U23 yang mentas di Liga Premier 2.

Kembali sulit menembus skuad inti Reading, pada 8 Agustus 2019 Sidoel kembali hengkang dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Arda Kardzhali, tim kasta teratas Liga Bulgaria.

Bersama Arda Kardzhali, pemilik 5 caps bersama Timnas Belanda U-17 ini berhasil jadi pilihan utama dan beberapa kali masuk dalam starting line up Arda Kardzhali. Total sepanjang musim 2019-20, dirinya mampu catatkan 18 laga di semua ajang.

Meski temukan peak performance, pergantian pelatih di skuad Arda Kardzhali membuat Darren Sidoel kembali kehilangan tempat. Puncaknya pada 17 Juli 2020, ia resmi pindah dan menandatangani kontrak 1 tahun bersama Córdoba CF, tim yang mentas di Segunda División atau kasta ketiga Liga Spanyol.

Musim baru harapan baru. Bersama Córdoba, Sidoel langsung dipercaya starter pada laga debut saat menghadapi Lorca Deportiva. Dirinya pun berhasil membantu timnya menang dengan skor 1-0.

Akan tetapi di beberapa laga selanjutnya, Darren Sidoel seolah hilang dari susunan pemain Cordoba. Dan lagi-lagi, ia harus pindah klub yang kali ini menuju Hercules FC dengan status pinjaman.

Artikel Asli